Kezia Santoso, Pebalap Perempuan yang Siap Jajal Kejuaraan Gokar Eropa - Kompas.com

Kezia Santoso, Pebalap Perempuan yang Siap Jajal Kejuaraan Gokar Eropa

Kompas.com - 14/09/2018, 21:00 WIB
Pebalap perempuan Indonesia, Kezia Santoso.BOLASPORT.COM/FERNANDO RANDY Pebalap perempuan Indonesia, Kezia Santoso.

KOMPAS.comPebalap gokar perempuan asal Indonesia, Kezia Santoso, mengaku tengah mempersiapkan diri untuk melakoni kejuaraan gokar Eropa bertajuk Euro X30.

Sebagai persiapan, dara berusia 20 tahun itu mengikuti 3 seri kejuaraan gokar Eshark Rok Cup Indonesia 2018 yang berlangsung di Sentul Karting Circuit, Bogor.

Baca juga: Marquez Masih Tidak Percaya Bisa Juara Dunia MotoGP di Usia Muda

Pada seri keenam yang digelar 2 September 2018 lalu, pebalap dari tim TKM Racing Indonesia itu menempati posisi ketujuh.

Meski demikian, pengalaman membalap di Indonesia dinilai berdampak terhadap perkembangan fisiknya demi menghadapi kejuaraan gokar Euro X30 yang lebih kompetitif.

"Balapan di Indonesia itu sebenarnya lebih menantang, karena secara cuaca lebih panas ketimbang di Eropa. Dengan balapan di Indonesia, saya berharap level fisik saya meningkat," ujar Kezia saat ditemui KOMPAS.com di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Pebalap Indonesia, Presley Martono (kiri), berpose bersama pebalap putri Kezia Santoso pada seri kedua Formula Renault 2.0 Eurocup di Sirkuit Silverstone, Inggris, 12-14 Mei 2017.ISTIMEWA Pebalap Indonesia, Presley Martono (kiri), berpose bersama pebalap putri Kezia Santoso pada seri kedua Formula Renault 2.0 Eurocup di Sirkuit Silverstone, Inggris, 12-14 Mei 2017.

"Saya ingin mengikuti kejuaraan gokar se-Eropa. Kemungkinan di sana saya bakal ikut sebanyak empat sampai lima seri," tutur dia.

Kezia saat ini sedang menempuh kuliah di University of Huddersfield, Inggris, dengan mengambil jurusan psikologi.

Kendati memiliki kesibukan sebagai mahasiswa, Kezia mengaku akan tetap fokus menjalani kariernya sebagai pebalap gokar.

"Selama ini saya enggak pernah terganggu dengan aktivitas kuliah saya. Soalnya kuliah saya juga tidak full dari pagi sampai sore," ucap kakak kandung pebalap Keanon Santoso itu.

Baca juga: FP1 F1 GP Singapura, Red Bull Tercepat, Hamilton Terlempar

"Kalau lagi ada balapan, paling saya cuma bolos hari Jumat. Jadi berangkat Kamis malam, kemudian Sabtu-Minggu balapan. Seninnya sudah balik lagi untuk kuliah," tutur dia.

Sebagai pebalap gokar perempuan, Kezia memiliki prestasi yang tergolong impresif.

Ia mengaku jatuh cinta dengan dunia balapan karena melihat kiprah sang adik, Keanon, yang sudah terjun lebih dulu.

Keputusan Kezia tak sia-sia. Remaja berjuluk Srikandi Gokart itu mampu memenangi beberapa ajang balapan bergengsi.

Dia tercatat pernah meraih kemenangan pada Formula 4 Asia Championship, Asian Karting Open Championship, dan Asia Rok Cup Championship.


Komentar
Close Ads X