Akhirnya UM Raih Tiga Poin - Kompas.com

Akhirnya UM Raih Tiga Poin

Kompas.com - 14/09/2018, 07:27 WIB
Poin penuh pertama UM didapat setelah menekuk telak Universitas Brawijaya (UB) dengan skor 5-0 pada hari keempat pergelaran yang dihelat di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur, Kamis (13/9). Poin penuh pertama UM didapat setelah menekuk telak Universitas Brawijaya (UB) dengan skor 5-0 pada hari keempat pergelaran yang dihelat di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur, Kamis (13/9).

MALANG, Kompas.com - Universitas Negeri Malang (UM) akhirnya keluar dari kebuntuannya setelah menelan dua kekalahan dalam LIMA Football: McDonald’s East Java Conference (EJC) 2018. Poin penuh pertama UM didapat setelah menekuk telak Universitas Brawijaya (UB) dengan skor 5-0 pada hari keempat pergelaran yang dihelat di Stadion Gelora Brantas, Batu, Jawa Timur, Kamis (13/9).

UM membuka babak pertama dengan apik. Lima menit usai kick off, tim berkostum hijau itu langsung menembakkan satu bola ke gawang UB lewat sepakan Sandika Sunandy (8). UM kembali menyarangkan bola di gawang lawannya melalui tembakan bebas Septi Sugiarto (10) yang gagal ditepis sempurna oleh kiper UB. Rendi Dwi Ardiyana (14) langsung mengambil kesempatan menembak cepat pada menit ke-23, sehingga menghasilkan gol kedua untuk UM.

Pada menit ke-37, UB dihadiahi sebuah tendangan penalti atas pelanggaran UM. Alih-alih mempertipis selisih, Ferdian Deny Prayuda (7) gagal mengeksekusi tembakan itu. Penalti Ferdian yang terlalu melebar hanya berakhir dengan pantulan dari tiang gawang.

UM kembali menjauhi UB. Gol ketiga ditambahkan Nanda Asa Pratama (5) tiga menit sebelum babak pertama berakhir (menit ke-42). UM menampilkan dominasinya dengan skor 3-0 di babak pertama.

Babak kedua belum bersahabat untuk UB. Di babak ini, UB tampak ingin mengejar UM, terlihat dari tembakan-tembakan tim berkostum putih itu. Namun, tak satu pun gol bersarang di gawang UM. Tim asuhan Panca Basuki Rahmat itu justru harus kembali menyaksikan dua tembakan tepat sasaran UM yang berhasil melewati penjagaan sang kiper. Dua gol UM tersebut secara berturut-turut dicetak Rendi Dwi Ardiyana (14) dan Vincentius Wiyang Guruh (11) pada menit ke-61 dan 67.

Dua kekalahan atas Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Malang di laga sebelumnya tak menyurutkan semangat UM untuk bangkit. Di laga ketiganya ini, UM akhirnya berhasil membuka peluang menuju empat besar, yang praktis akan membawanya ke fase nasional. Sementara itu, meski kalah di laga ini, UB masih lebih unggul dibandingkan dengan UM dari segi poin kemenangan. Di klasemen, UB berada di peringkat ketiga dengan empat poin, sementara UM menyusul di bawahnya dengan tiga poinnya.



Close Ads X