Menangi Perang Saudara, Marcus/Kevin ke Perempat Final

Kompas.com - 13/09/2018, 11:06 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideonbadmintonindonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

KOMPAS.com — Ganda putra nomor satu dunia yang menjadi andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo, melangkah ke perempat final turnamen bulu tangkis Japan Open 2018.

Pasangan dengan julukan The Minions ini memenangi perang saudara melawan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini menang straight game 21-13, 21-17 dalam duel babak kedua di Musashino Forest Sport Plaza di Tokyo, Jepang, Kamis (13/9/2018). Kemenangan ini membuat Marcus/Kevin unggul 2-1 dalam rekor pertemuan setelah mereka bertarung dua kali pada tahun 2015.

Pada babak perempat final, Marcus/Kevin berpeluang besar menghadapi rivalnya dari Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, yang ditempatkan sebagai unggulan kelima. Boe/Mogensen diprediksi bisa mengalahkan wakil Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling.

Jika prediksi ini benar, duel akan berlangsung ketat karena Marcus/Kevin dan Boe/Mogensen imbang 4-4 dalam rekor pertemuan. Namun, dalam tiga duel terakhir pada Japan Open 2017, China Open 2017, dan All England Open 2018, Marcus/Kevin menjadi pemenang.

Sayang, Indonesia sudah kehilangan satu wakil ganda putra. Berry Angriawan/Hardianto gagal melewati hadangan wakil tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang menang 21-17, 21-13.

Masih ada dua ganda putra Indonesia yang tampil pada hari ini. Pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan melawan unggulan kedua dari China, Li Junhui/Liu Yuchen, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Lee Jhe-Huei/Lee Yang (Taiwan).

Praveen/Melati singkirkan pasangan suami-istri

Melati Daeva Oktavianti/Praveen Jordanbadmintonindonesia Melati Daeva Oktavianti/Praveen Jordan

Dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti meraih tiket ke babak perempat final setelah mengalahkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Praveen/Melati menang straight game 23-21, 21-18 atas pasangan suami-istri dari Inggris tersebut, yang merupakan unggulan ketujuh.

Hasil ini sekaligus membuat Praveen/Melati mengakhiri dominasi duo Adcock yang sebelumnya unggul 2-0 dalam rekor pertemuan.

Selanjutnya, mereka menghadapi wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang menang 21-16, 21-16 atas Pranaav Jerry Chopra/Reddy N Sikki (India). Peluang Praveen/Melati lolos ke semifinal terbilang besar karena mereka selalu menang dalam dua laga sepanjang 2018 di India Open dan German Open.

Masih ada satu ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Unggulan ketujuh ini akan bertemu wakil tuan rumah, Takuro Hoki/Koharu Yonemoto.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X