Menangi Perang Saudara, Marcus/Kevin ke Perempat Final - Kompas.com

Menangi Perang Saudara, Marcus/Kevin ke Perempat Final

Kompas.com - 13/09/2018, 11:06 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideonbadmintonindonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

KOMPAS.com — Ganda putra nomor satu dunia yang menjadi andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo, melangkah ke perempat final turnamen bulu tangkis Japan Open 2018.

Pasangan dengan julukan The Minions ini memenangi perang saudara melawan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Peraih medali emas Asian Games 2018 ini menang straight game 21-13, 21-17 dalam duel babak kedua di Musashino Forest Sport Plaza di Tokyo, Jepang, Kamis (13/9/2018). Kemenangan ini membuat Marcus/Kevin unggul 2-1 dalam rekor pertemuan setelah mereka bertarung dua kali pada tahun 2015.

Pada babak perempat final, Marcus/Kevin berpeluang besar menghadapi rivalnya dari Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, yang ditempatkan sebagai unggulan kelima. Boe/Mogensen diprediksi bisa mengalahkan wakil Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling.

Jika prediksi ini benar, duel akan berlangsung ketat karena Marcus/Kevin dan Boe/Mogensen imbang 4-4 dalam rekor pertemuan. Namun, dalam tiga duel terakhir pada Japan Open 2017, China Open 2017, dan All England Open 2018, Marcus/Kevin menjadi pemenang.

Sayang, Indonesia sudah kehilangan satu wakil ganda putra. Berry Angriawan/Hardianto gagal melewati hadangan wakil tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang menang 21-17, 21-13.

Masih ada dua ganda putra Indonesia yang tampil pada hari ini. Pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan melawan unggulan kedua dari China, Li Junhui/Liu Yuchen, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Lee Jhe-Huei/Lee Yang (Taiwan).

Praveen/Melati singkirkan pasangan suami-istri

Melati Daeva Oktavianti/Praveen Jordanbadmintonindonesia Melati Daeva Oktavianti/Praveen Jordan

Dari sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti meraih tiket ke babak perempat final setelah mengalahkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Praveen/Melati menang straight game 23-21, 21-18 atas pasangan suami-istri dari Inggris tersebut, yang merupakan unggulan ketujuh.

Hasil ini sekaligus membuat Praveen/Melati mengakhiri dominasi duo Adcock yang sebelumnya unggul 2-0 dalam rekor pertemuan.

Selanjutnya, mereka menghadapi wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang menang 21-16, 21-16 atas Pranaav Jerry Chopra/Reddy N Sikki (India). Peluang Praveen/Melati lolos ke semifinal terbilang besar karena mereka selalu menang dalam dua laga sepanjang 2018 di India Open dan German Open.

Masih ada satu ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Unggulan ketujuh ini akan bertemu wakil tuan rumah, Takuro Hoki/Koharu Yonemoto.



Close Ads X