Lebih Dekat dengan Lawn Bowls, Cabor dalam Asian Para Games 2018

Kompas.com - 12/09/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi Asian Para Games 2018 Abdurrahman NaufalIlustrasi Asian Para Games 2018

KOMPAS.com - Asian Para Games 2018 akan segera digelar di Jakarta pada 6-13 Oktober. Ajang olahraga multievent ini akan mempertemukan 42 negara anggota Asian Paralympic Committee dalam 18 cabang olahraga (cabor). 

Di antara cabor itu, ada yang masih terdengar asing bagi masyarakat awam. Salah satunya adalah olahraga lawn bowls atau bowling lapangan.

Lawn bowls merupakan olahraga yang memiliki karakteristik menyerupai bowling, namun dipertandingkan di atas lapangan rumput. Jika bowling memiliki 10 buah pin sebagai target, lawn bowls mempunyai bola putih yang disebut jack, sebagai sasaran.

Peraturan dasar olahraga lawn bowls adalah dengan melontarkan bola (bowl), ke arah bola berwarna putih (jack), yang menjadi bidikan. Pemain dengan lontaran bowl terdekat dengan jack akan meraih poin tertinggi. 

Baca juga: Asian Para Games, Presiden Ingin Akses Gratis bagi Penyandang Disabilitas

Lapangan yang digunakan dalam lawn bowls berbentuk persegi dengan panjang sisi sekitar 34-40 meter. Satu buah lapangan lawn bowls terbagi menjadi enam jalur lontaran, di mana lebar jalur bervariasi antara 4,3-5,8 meter.

Bagi Indonesia, Asian Para Games kali ini akan menjadi aksi perdana mereka pada cabang olahraga lawn bowls. Tak ayal, atlet Indonesia pada cabor ini tidak akan dibebani target medali.

“Cabang lawn bowls tersebut belum populer di Indonesia dan baru pertama kali mengikuti pesta olahraga multievent langsung di tingkat Asia tahun ini,” kata pelatih nasional lawn bowls NPC Indonesia, Islahuzzaman, seperti dikutip Kompas.com dari situs resmi Asian Para Games 2018.

Meski demikian, Indonesia telah menyiapkan 11 atlet yang terdiri dari 8 putra dan 3 putri. Mereka akan berkompetisi dalam tiga nomor, dari total 24 nomor yang dilombakan.

Baca juga: Hari Ini, Kirab Obor Asian Para Games Singgah di Makassar

“Kami akan menurunkan atlet fokus di nomor B5 (kursi roda), B7 (disabilitas kaki) dan B8 (disabilitas tangan). Tiga nomor itu, baik tunggal maupun ganda putra/putri. 11 atlet lawn bowls tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka telah melalui tahap seleksi, antara lain asal Jateng, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi, dan Jawa Barat,” ucap Islahuzzaman.

Diperkirakan sekitar 2.800 atlet, 1.200 ofisial dan 500 awak media dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam ajang olahraga empat tahunan ini.

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X