Jika Hujan, Balapan MotoGP Bisa Ditunda Hingga Senin atau Selasa

Kompas.com - 08/09/2018, 17:05 WIB
Hujan yang mengguyur Sirkuit Losail, Qatar pada Seri MotoGP 2009. Kondisi tersebut memaksa pergeseran balap dari Minggu ke Senin. MototribuHujan yang mengguyur Sirkuit Losail, Qatar pada Seri MotoGP 2009. Kondisi tersebut memaksa pergeseran balap dari Minggu ke Senin.

KOMPAs.com - Bos MotoGP, Carmelo Ezpeleta, membuka peluang penundaan balapan hingga satu atau dua hari berikutnya jika cuaca tidak memungkinkan pada hari Minggu.

Pembatalan balapan pada seri MotoGP Inggris bulan lalu, menjadi pembelajaran berharga bagi otoritas MotoGP.

Sebenarnya, balapan di Sirkuit Silverstone diusulkan ditunda satu hari atau digelar Senin saat hujan lebat dan cuaca buruk terjadi pada Minggu (26/8/2018).

Opsi penundaan balapan telah didiskusikan Dorna, tim peserta, dan pihak penyelenggara MotoGP Inggris. 

Namun, sebagian besar tim menolak usulan pendundaan balapan karena harus langsung menuju Aragon untuk menggelar tes privat. Meski demikian, Ducati sebenarnya ingin balapan di Silverstone digelar Senin.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2018

Ezpeleta memastikan jika hal serupa kembali terjadi di masa depan, MotoGP akan memberi tahu pebalap dan organisasi untuk mempersiapkan balapan di hari Senin atau bahkan Selasa. 

"Ini memalukan tapi ini adalah pengalaman yang bisa dan harus kami pelajari," ujar Ezpeleta dalam sebuah wawancara kepada stasiun televisi Spanyol, seperti dilansir Autosport, Jumat (7/9/2018).

"Kami harus berpikir tentang apa yang harus kami lakukan jika hal ini kembali terjadi. Penting bagi setiap orang untuk tahu jika balapan tidak bisa digelar pada hari Minggu, kami akan menggelar balapan pada Senin atau Selasa. Kami datang ke sini untuk balapan," jelas Ezpeleta.

Selain menunda balapan, Ezpeleta juga memastikan MotoGP akan menjamin keselamatan pebalap.

Baca juga: Dovizioso Kuasai Free Practice 1 MotoGP San Marino

"(Di komisi keselamatan) saya akan membuat pebalap mengerti bahwa di sana selalu ada balapan yang aman, selalu saat memungkinkan tapi harus aman. Saya tidak suka mengubah aturan dan ini tidak dikonfirmasi," ungkap Ezpeleta.

Setelah pembatalan balapan di Silverstone, seri MotoGP musim ini dilanjutkan di Sirkuit Misano, San Marino, Minggu (9/9/2018).

"Mulai sekarang, kita akan balapan pada Senin, jika mungkin balapan pada Senin. Saya akan memberi tahu mereka [pebalap] untuk mempersiapkan balapan hari berikutnya," sambung dia.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X