Kompas.com - 08/09/2018, 10:05 WIB
Reaksi pemain Spanyol Sergio Ramos (tengah) dan rekan-rekan setimnya usai kegagalan dua tendangan Timnas Spanyol saat adu penalti pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018). Timnas Rusia lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-3. AFP PHOTO/JUAN MABROMATAReaksi pemain Spanyol Sergio Ramos (tengah) dan rekan-rekan setimnya usai kegagalan dua tendangan Timnas Spanyol saat adu penalti pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018). Timnas Rusia lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, menyebut akan menerapkan filosofi bermain baru serta meninggalkan tiki taka dalam masa kepelatihannya.

Menurut Enrique, filosofi tiki taka harus dikembangkan lagi karena sudah banyak tim yang menirunya.

"Kami akan mencoba bermain berbeda (dari sebelumnya)," kata Enrique dikutip dari Telegraph, Sabtu (8/9/2018).

"Sepak bola kami sudah menjadi referensi dunia dalam satu dekade terakhir dan semua orang tahu bagaimana Spanyol bermain. Jadi kami akan mengembangkan model kami dan melihat apakah itu bisa sangat efisien," ucap Enrique menambahkan.

Baca juga: Baru Jadi Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique Coret 2 Nama Beken, Salah Satunya Jordi Alba

Sepak bola tiki taka yang mengandalkan umpan datar jarak dekat memang menjadi ciri khas Spanyol sejak 2008.

Filosofi ini mencapai puncak performa dan dianggap sempurna saat Spanyol untuk kali pertama menjadi juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedigdayaan Spanyol berlanjut saat meraih trofi Piala Eropa 2012. Setelah gelar ini, prestasi Spanyol terus merosot.

Dalam tiga turnamen terakhir. Piala Dunia 2014 dan 2018, serta Piala Eropa 2016 prestasi terbaik Spanyol hanya mencapai babak 16 besar.

Enrique yang masuk menggantikan pelatih sementara Fernando Hierro diharapkan mampu mengembalikan kejayaan sepak bola Spanyol.

Baca juga: 5 Peraturan Baru di Timnas Spanyol, Termasuk Larangan Makan Gorengan

Mantan pelatih Barcelona ini mengaku cukup yakin akan sukses karena anak asuhnya punya kualitas terbaik.

"Saya sama sekali tidak ragu dengan 11 pemain yang akan turun pertama. Mereka telah mengejutkan saya. Mereka menunjukkan sikap dan perilaku terbaik sejak saya menjadi pelatih di sini," ucap mantan pemain Real Madrid ini.

Enrique akan melakoni debutnya saat tandang ke markas Timnas Inggris di Stadion Wembley, Sabtu (8/9/2018). Laga ini bertajuk UEFA Nations League dimana kedua tim bersama Timnas Kroasia berada di Grup A 4.



Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X