Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Sapta Oktohari: Inapgoc Siap Laksanakan Asian Para Games

Kompas.com - 07/09/2018, 19:03 WIB
Arin Nabila,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, mengatakan pihaknya selaku panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 telah siap mengemban tugas melaksanakan kompetisi olahraga empat tahunan khusus untuk atlet difabel tersebut.

Ditemui seusai rapat kabinet terbatas di Istana Bogor pada Jumat (7/9/2018), Oktohari bahkan sudah melaporkan kesiapan dirinya dan tim kepada Presiden Jokowi.

"Kami melaporkan kepada Bapak Presiden melalui rapat tadi, Insya Alllah sudah siap untuk melaksanakan kegiatan Asian Para Games yang pertama di Indonesia," ujar Oktohari.

Baca Juga: Merasa Tidak Berguna, Casey Stoner Ikuti Jejak Jorge Lorenzo Keluar dari Ducati pada Akhir Tahun 2018

Presiden Jokowi juga mengimbau semua kementerian dan lembaga agar ikut menyukseskan Asian Para Games sebagaimana yang terjadi pada Asian Games 2018.

Oktohari juga menjelaskan rangkaian torch relay Asian Para Games sudah dimulai sejak Rabu (5/9/2018).

"Kemarin 5 September kami melakukan rangkaian kegiatan yang pertama yaitu torch relay atau kirab obor dan besok kami akan berangkat bersama Pak Menpora ke Ternate untuk melaksanakan torch relay yang berikutnya di Ternate bertepatan dengan Haornas," kata Oktohari.

Selain itu, Inapgoc juga sudah siap menyambut kedatangan para atlet dan telah menyediakan 1.100 buah kursi roda untuk memenuhi kebutuhan para atlet.

"Ada kurang lebih 5.000 atlet dan official dan 1.100 di antaranya menggunakan kursi roda, 8.000 volunters, 5.000 pekerja lapangan, dan 800 media dari nasional maupun internasional," Oktohari menambahkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, memasang target tim Indonesia finis di urutan 7 besar dan mampu menyabet 16 medali.

"Kita berharap peringkat naik dari 9 menjadi 7 besar dengan perolehan 16-19 medali dari 18 cabang olahraga," katanya.

Imam juga berjanji bonus yang diberikan kepada para peraih medali Asian Para Games akan setara dengan Asian Games.

Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober, merupakan edisi ketiga. Sebelumnya, pesta olahraga ini digelar di Guangzhou (2010) dan Incheon (2014).

Asian Para Games merupakan pesta olahraga multi-event terbesar kedua setelah Para Olimpiade, untuk atlet disabilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com