Kompas.com - 03/09/2018, 14:29 WIB
Pesta kembang api menyemarakkan Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). INASGOC/Widodo S Jusuf/hp/18. Widodo S JusufPesta kembang api menyemarakkan Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). INASGOC/Widodo S Jusuf/hp/18.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang telah usai yang ditandai dengan upacara penutupan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (2/9/2018).

Gelaran Asian Games ke-18 ini terbilang sukses karena tanpa ada hambatan besar yang mengganggu, apalagi dengan upacara pembukaan yang berhasil menarik perhatian dunia.

Sukses dan lancarnya ajang Asian Games kali ini tidak lepas dari enam sosok di balik layar yang terus bekerja keras.

Baca juga: 6 Atlet Asing yang Jadi Sorotan pada Asian Games 2018

Berikut 6 sosok yang bekerja keras di balik Asian Games 2018:

1. Basuki Hadimuljono

Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono bersama Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat kepada tim putra Indonesia yang meraih emas pertama pada cabang dayung, 24 Agustus 2018. BOLASPORT.com/DELIA MUSTIKASARI Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono bersama Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat kepada tim putra Indonesia yang meraih emas pertama pada cabang dayung, 24 Agustus 2018.
Sukses penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini tak lepas dari peran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Basuki yang ditunjuk menjadi Ketua Komite Infrastruktur dari Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) harus menyiapkan 33 dari 79 arena pertandingan dan juga menyiapkan 14 sarana pendukung, seperti Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Atlet Jakabaring.

Dengan total anggaran yang mencapai Rp 7,4 triliun, Indonesia kini memiliki berbagai arena yang diakui oleh sejumlah perwakilan federasi negara peserta sebagai yang terbaik di Asia.

2. Erick Thohir

Ketua Inasgoc Erick Thohir memaparkan perkembangan kesiapan Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 pada acara Asian Games Media Forum di Jakarta dan Palembang, 27-28 November 2017.
DIYA FARIDA/BOLASPORT.COM Ketua Inasgoc Erick Thohir memaparkan perkembangan kesiapan Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 pada acara Asian Games Media Forum di Jakarta dan Palembang, 27-28 November 2017.

Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) di bawah kendali Erick Thohir bekerja membuat detail perencanaan Asian Games 2018 sekaligus mengeksekusi rencana itu.

Bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Inasgoc langsung berfokus menyelesaikan perbaikan sejumlah arena pertandingan yang akan digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X