Kalender Jadul Asian Games 1962 Bisa Dilihat di Asian Fest GBK

Kompas.com - 29/08/2018, 11:00 WIB
Logo Asian Games 2018.
InasgocLogo Asian Games 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memenuhi antusiasme masyarakat terhadap Asian Games 2018, Gelora Bung Karno (GBK) sebagai venue utama juga turut memeriahkannya dengan mengadakan Asian Festival selama event tersebut.

Asian Festival terbagi dalam tiga wilayah, yakni zona Bhin-Bhin, zona Kaka dan zona Atung.

Asian Festival memanjakan para pengunjung dengan mengadakan nonton bareng (nobar) pertandingan Asian Games yang ditampilkan melalui layar berukuran besar yang sudah disediakan.

Selain itu, berbagai stand juga memenuhi wilayah Asian Festival, mulai dari stand makanan, sponsor, merchandise, hingga barang-barang antik seperti memorabilia yang juga dijual di area ini.

Baca Juga: Rencana Pemecatan Jose Mourinho Telah Disusun Saat Melawan Tottenham Hotspur

Pengunjung bisa melihat koleksi kalender dari masa ke masa, termasuk kalender edisi Asian Games 1962, buku-buku terbitan lawas serta beberapa majalah jadul di stand ‘Batavia Books’ yang berada di zona Kaka.
 
Muchlis Amir sebagai pemilik stand Batavia Books mengaku barang antik yang dijualnya sebagian besar merupakan koleksi pribadi dan sebagian lagi ia peroleh dari beberapa temannya yang juga sesama kolektor.
 
"Sebagian besar koleksi sendiri dan sebagiannya lagi saya dapatkan dari teman-teman juga, sama-sama kolektor," ujar Muchlis saat diwawancarai di standnya, Selasa (28/08/2018).
 
Muchlis mengaku masyarakat cukup besar antusiasmenya terhadap koleksi yang dimiliki Batavia Books.
 
"Banyak yang melihat. Mereka (pengunjung) melihat barang-barang ini, mungkin mengingkatkannya dengan barang-barang milik kakeknya atau orangtuanya. Ya tujuannya itu, untuk mengenang masa-masa lalu lah kira-kira," Muchlis menambahkan.
 
Berikut ini beberapa koleksi jadul atau memorabilia yang ada di stand Batavia Books:
 
Koleksi kalender Asian Games edisi ke 1-6, termasuk Asian Games 1962 Jakarta di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno. Koleksi kalender Asian Games edisi ke 1-6, termasuk Asian Games 1962 Jakarta di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno.
Ikut menyemarakkan Asian Games 2018, Batavia Books menyediakan koleksi kalender Asian Games edisi ke 1-6, termasuk Asian Games 1962 di Jakarta.
 
Koleksi kalender bulan Agustus tahun 1945 di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno. Koleksi kalender bulan Agustus tahun 1945 di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno.
Batavia Books juga menyimpan memorabilia kemerdekaan Indonesia, yakni kalender bulan Agustus tahun 1945 keluaran Boemi-Poetra. Dengan kondisi kalender seperti ini, dijamin 100 persen keasliannya.
 
Daftar harga yang ditawakan untuk koleksi kalender milik Batavia Books. Daftar harga yang ditawakan untuk koleksi kalender milik Batavia Books.
Jika berminat untuk membeli, pengunjung bisa melihat daftar harga-harga koleksi kalender Batavia Books di sini.
 
Koleksi poster-poster jadul di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno. Koleksi poster-poster jadul di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno.
Beberapa koleksi poster jadul juga terpampang di stand Batavia Books. Wajah legenda tinju dunia, Muhammad Ali menghiasi salah satu poster cetakan lawas.
 
Koleksi kalender bulan Mei tahun 1960 di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno. Koleksi kalender bulan Mei tahun 1960 di stand Batavia Books, zona Kaka, Asian Festival, Gelora Bung Karno.
Muchlis mengaku kalender adalah koleksi yang paling banyak diburu. Oleh karenanya, Batavia Books menyediakan kalender dari tahun 1920-2017.
 
Bapak Muchlis Amir beserta koleksi jadul milik stand Batavia Books Bapak Muchlis Amir beserta koleksi jadul milik stand Batavia Books
Pemandangan stand Batavia Books dengan segala macam jenis koleksinya jadulnya.
 
Menurut penjelasan Muchlis, Batavia Books merupakan anggota yang tergabung dalam komunitas jadul Pasar Santa, Jakarta. Dalam gelaran Asian Festival, Inasgoc mengundang langsung komunitas Muchlis untuk mengisi beberapa stand yang ada di zona Kaka, Asian Festival.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X