Kompas.com - 24/08/2018, 06:21 WIB

KOMPAS.com - Legenda Brasil, Ricardo Kaka, menganggap ajang Piala Dunia 2018 akan memberi pengaruh besar dalam perebutan gelar pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or.

Atas dasar ini, Kaka tidak menyertakan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam daftar pemain yang pantas meraih Ballon d'Or.

Menurut Kaka, kapten Kroasia, Luka Modric dan bintang muda Perancis, Kylian Mbappe, menjadi kandidat terkuat saat ini. Kaka beralasan, Modric dan Mbappe telah menujukkan kualitasnya saat Piala Dunia 2018.

"Modric tampil sangat impresif saat menang Liga Champions bersama Real Madrid dan membawa Kroasia melaju ke final Piala Dunia. Dia adalah pemain yang menciptakan pertunjukan dan mengatur laga," kata Kaka dikutip AS dari Gazzetta dello Sport, Kamis (23/8/2018).

Baca Juga: Ditinggal Cristiano Ronaldo, Santiago Bernabeu Kehilangan Gairah

"Untuk Mbappe, dia sangat kuat dan akan punya karier yang luar biasa. Biarkan masa depan menjadi miliknya," ujar Kaka menambahkan.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Modric dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Adapun Mbappe berhasil mengawinkan gelar juara dunia dengan trofi pemain muda terbaik.

Catatan ini akan menjadi penilaian peraih Ballon d'Or selain prestasi di level klub.

Dalam 10 musim terakhir, Ronaldo dan Messi mendominasi penghargaan tersebut. Keduanya kini sama-sama meraih lima gelar.

Sementara itu, Kaka adalah pemain terakhir yang meraih Ballon d'Or sebelum dominasi Ronaldo dan Messi. Saat itu Kaka masih membela AC Milan pada tahun 2007.

Baca juga: Kaki Lionel Messi Tunjukkan Sinyal Bahwa Barcelona Raih Treble Winners Musim Ini 

Pada Piala Dunia 2018 lalu, baik Ronaldo (Portugal) dan Messi (Argentina) hanya bisa memimpin negaranya hingga babak 16 besar.

Persaingan Ballon d'Or tahun ini dipastikan akan terasa berbeda karena Piala Dunia 2018 dan juga kepindahan Ronaldo ke Juventus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.