Kompas.com - 19/08/2018, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, menganggap Movistar Yamaha akan sulit keluar dari krisis yang dialami saat ini.

Pedrosa menilai pusat masalah Yamaha saat ini terletak pada mesin. Dengan begitu, butuh waktu yang lama agar bisa keluar dari krisis.

"Yamaha memiliki sejarah panjang pada balapan grand prix dengan banyak kemenangan," kata Dani Pedrosa dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

"Namun, memang fakta bahwa untuk alasan yang kami tidak cukup tahu, mereka memiliki masalah. Mungkin sebagian karena mesin mereka," tutur Pedrosa.

"Anda dapat memecahkan banyak masalah, tetapi bukan masalah yang menyangkut mesin karena tidak dapat mengubahnya saat musim berjalan," ujar pebalap asal Spanyol itu.

Baca Juga: Jawaban Dani Pedrosa saat Diincar Tim KTM dengan Peran Baru

Jika prediksi Pedrosa ini benar, Yamaha akan kesulitan untuk memperbaiki mesinnya. Pasalnya, ada regulasi engine freeze sehingga Yamaha tidak bisa mengubah mesin di tengah musim kejuaraan berlangsung.

Saat ini, hanya tim pabrikan Suzuki, Aprilia, dan KTM yang memiliki keistimewaan untuk mengubah mesin karena mendapat hak konsesi.

Seperti diketahui, akibat krisis ini, Yamaha mengalami puasa kemenangan dalam 21 balapan terakhir.

Ini adalah periode terburuk yang dialami Yamaha sejak tahun 1998.

Baca juga: Mantan Manajer Coret Valentino Rossi dari Persaingan Gelar Juara Dunia MotoGP 2018

Sebenarnya, dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, sudah sangat sering mengeluhkan motornya pada musim ini.

Rossi yang lebih vokal dari Vinales mempermasalahkan peranti elektronik pada motor M1.

Puncaknya, baik Vinales maupun Rossi mendapatkan hasil buruk pada saat kualifikasi MotoGP Austria 2018.

Yamaha kemudian memberikan keterangan kepada publik, yakni meminta maaf kepada dua pebalapnya karena tidak bisa memberi motor yang kompetitif. (Samsul Ngarifin)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BolaSport


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.