Kompas.com - 14/08/2018, 10:53 WIB
Kiper Arsenal, Petr Cech, memberikan aplaus kepada fans dalam pertandingan Premier League melawan Manchester City pada 18 Desember 2016. 
Oli SCARFF / AFPKiper Arsenal, Petr Cech, memberikan aplaus kepada fans dalam pertandingan Premier League melawan Manchester City pada 18 Desember 2016.
|

KOMPAS.com - Mantan pelatih timnas Inggris, Sam Allardyce, membela kiper Arsenal, Petr Cech, yang hampir mencetak gol bunuh diri saat menghadapi Manchester City dan menuding Manajer The Gunners, Unai Emery, sebagai biang kerok.

Pada pertandingan pekan pertama Liga Inggris 2018-2019 yang digelar di Stadion Emirates, Minggu (12/8/2018) itu, Arsenal tumbang 0-2 di tangan Manchester City.

Dua gol kemenangan Manchester City dicetak oleh Raheem Sterling (menit ke-14) dan Bernardo Silva (64').

Pada pertengahan babak pertama, Manchester City hampir berhasil menggandakan keunggulan secara cuma-cuma setelah Petr Cech hampir membobol gawang sendiri saat berniat memberikan umpan kepada rekannya dalam kondisi di bawah tekanan lawan.

Baca juga: Lakukan Blunder, Petr Cech Tanggapi Sindiran Bayer Leverkusen

Secara kasatmata, hal tersebut murni kesalahan Petr Cech yang tidak sempurna dalam melakukan operan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, di mata Sam Allardyce, hal tersebut disebabkan oleh taktik yang diterapkan Unai Emery.

Sam Allardyce menilai bahwa arahan dari Unai Emery yang meminta para pemain Arsenal membangun serangan dari belakang dalam kondisi ditekan adalah sesuatu yang bodoh.

Sam Allardyce tampak di tribune penonton Stadion Goodison Park saat Everton menang telak atas West Ham United, Rabu (29/11/2017).AFP/Paul Ellis Sam Allardyce tampak di tribune penonton Stadion Goodison Park saat Everton menang telak atas West Ham United, Rabu (29/11/2017).

Baca Juga: Liverpool Cari Jalan Keluar untuk Ragnar Klavan

"Semua ini kesalahan manajer. Apa yang dilakukan Manchester City adalah terus menekan, jadi mengapa Arsenal mencoba bermain di daerah pertahanan sendiri saat lawan menekan," ucap Sam Allardyce seperti dikutip BolaSport.com dari Talk Sport.

"Banyak pelatih yang terobsesi dengan taktik bodoh seperti ini. Anda baru bisa melakukannya jika bermain lebih baik dari Manchester City," tuturnya.

Hasil ini juga membuat Unai Emery menjadi manajer Arsenal pertama di era Premier League yang mengawali kiprahnya di sepak bola Inggris dengan kekalahan. (Verdi Hendrawan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.