Mitra Kukar Mencari Partner Sepadan Fernando Rodriguez

Kompas.com - 14/08/2018, 08:58 WIB
Pemain Mitra Kukar Fernando Rodrigues menyumbang satu gol saat melawan PSIS Semarang dalam laga kedua Grup A Piala Gubernur Kaltim 2018 di Stadion Segiri, Minggu (25/2/2018) sore.SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM Pemain Mitra Kukar Fernando Rodrigues menyumbang satu gol saat melawan PSIS Semarang dalam laga kedua Grup A Piala Gubernur Kaltim 2018 di Stadion Segiri, Minggu (25/2/2018) sore.

KOMPAS.com – Ketajaman Fernando Rodriguez yang saat ini memimpin daftar top skor Liga 1 dengan 14 gol diharapkan pelatih Rahmad Darmawan (RD) juga mampu diimbangi oleh para pemain Mitra Kukar lainnya.

Rahmad Darmawan tak ingin Mitra Kukar amat bergantung pada Fernando Rodriguez. Jadi, apabila striker berkebangsaan Spanyol berhalangan tampil, ada pemain pengganti yang tidak kalah mumpuni dalam membobol gawang serta membongkar pertahanan lawan.

“Begitu juga saat Fernando bermain, minimal ada pemain lain yang bisa menjadi penyeimbang dan memecah konsentrasi pemain belakang lawan. Ini juga supaya kita bisa lebih efisien dalam memanfaatkan peluang,” ujar RD saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Lima Pembelian Sukses Tim Liga 1 pada Bursa Transfer Paruh Musim

Guna lebih menunjang performa Fernando Rodriguez dalam mendobrak pertahanan lawan, RD mengaku, terus mencari pemain Mitra Kukar yang dianggap pas dan mampu untuk dimainkan di posisi nomor 10 (playmaker).

Sejauh ini, Mitra Kukar sudah memiliki Dedi Hartono yang mengoleksi sembilan assist.

“Saya memang terus coba beberapa pemain untuk bisa saya plot sebagai nomor 10. Kemarin sih ingin coba Danny Guthrie, tetapi masih pending karena dia mengalami cedera," ucap RD. 

"Sebelumnya sudah coba Dedi, Anindito (Wahyu), hingga Arif Suyono. Masih akan saya lihat, siapa kira-kira yang paling pas menempati posisi itu,” ucap dia.

Tidak hanya lini serang, selama libur Asian Games 2018 berlangsung, RD juga ingin membenahi pertahanan Mitra Kukar yang dianggap masih belum ideal. Terutama, dalam hal mengantisipasi pola serangan lawan dari set piece.

“Dari statistik, 70 persen gawang Mitra Kukar ini kebobolan dari set piece lawan, entah itu sepak pojok, tendangan bebas, atau penalti. Itu yang ingin saya benahi saat para pemain kembali berlatih nanti,” kata eks pelatih Sriwijaya FC itu.

Baca juga: Sepak Bola Indonesia, Jangan Takut Bermimpi!

 

“Kami juga ada tambahan pemain belakang, Bobby Satria. Hal ini harus bisa dimanfaatkan, pada sisa pertandingan di Liga 1 nant,” tutur RD.

RD mengatakan, skuad Mitra Kukar saat ini diberikan waktu liburan usai laga kontra Persib Bandung, Jumat (10/8/2018) lalu, hingga tanggal 19 Agustus 2018 mendatang.

Setelah itu, baru mereka akan kembali diajak untuk berlatih serta melakoni pertandingan uji coba yang saat ini masih diagendakan.




Close Ads X