Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asian Games 2018, Rugbi Tujuh dan Persiapan Kiprah Perdana Indonesia

Kompas.com - 13/08/2018, 21:00 WIB
Avicena Farkhan Dharma,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apabila rugbi dimainkan oleh 15 orang dalam satu tim, dalam rugbi tujuh, sesuai namanya, satu tim hanya diperkuat oleh tujuh pemain. Permainan berlangsung di lapangan seluas 100 meter x 70 meter, kurang lebih setara dengan luas lapangan sepak bola standar Internasional.

Karena sangat menguras tenaga, rugbi tujuh hanya dimainkan selama 2 x 7 menit, berbeda dengan rugbi yang dimainkan 2 x 40 menit.

Baca juga: Tim Putra dan Putri DKI Jakarta Menangi Kejuaraan Nasional Rugbi 2017

Dalam 14 menit tersebut, pencetak poin terbanyak akan jadi pemenang. Poin dalam olahraga yang mulai dimainkan pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini disebut try.

Layaknya touchdown pada American football, try yang bernilai lima poin didapatkan jika pemain mampu membawa dan menyentuhkan bola ke tanah setelah melewati garis akhir pertahanan lawan.

Indonesia Andalkan Kecepatan

Tim rugbi tujuh Indonesia akan mengikuti Asian Games 2018 untuk pertama kali. Sebagai debutan, tim Indonesia memang tidak dijadikan unggulan.

Minimnya pengalaman dan kualitas yang masih tergolong rendah menjadi alasan cabang olahraga rugbi tujuh tidak diberikan target medali.

Selain itu, kualitas fisik dan postur pemain beberapa negara Asia lain seperti Jepang, Korsel, dan Malaysia memang lebih mumpuni. 

Baca juga: Asian Games 2018, Peran Penting Pemain Senior bagi Skuad Luis Milla

Mereka memiliki postur tubuh kekar dengan tinggi rata-rata di atas 180 cm, sementara rata-rata tinggi badan pemain timnas hanya 170-175 cm. 

Meski demikian, manajer timnas rugbi tujuh Doedie Gambiro mengungkapkan, postur tubuh pendek justru menjadi kelebihan timnas.

”Kami memanfaatkan kecepatan pemain. Itu menjadi senjata kami,” ucapnya saat latihan timnas, di Bantul, Yogyakarta, 2 Agustus lalu.

Pemain harus berpikir dan bergerak cepat karena pihak lawan bisa menjegal pembawa bola kapan saja,” tambah pelatih kepala timnas, George Wilson.

Prestasi Berangsur Membaik

Hasil event internasional terakhir bagi timnas rugbi tujuh Indonesia juga kurang memuaskan. Pada SEA Games 2017, timnas Indonesia menjadi lumbung gol lawan dengan raihan empat kali kalah dan hanya satu kali menang.

Meski begitu, pertanda baik didapat timnas putra pada Kejuaraan Asia Rugbi Tujuh 2018 Divisi 2 di Singapura, 4-5 Agustus lalu.

Baca juga: Asian Games 2018, Doa Orangtua Bikin Hargianto Cetak Gol

Timnas mampu masuk ke lima besar dengan raihan empat kemenangan dan satu kekalahan.

Lima besar merupakan capaian terbaik Indonesia. Sebelumnya, Indonesia hanya berada di peringkat ke-11 dari 12 negara di Divisi 2. (Nino Citra Anugrahanto/Kelvin Hianusa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com