Juarai Piala AFF U-16, Indonesia Optimistis Hadapi Piala Asia U-16

Kompas.com - 12/08/2018, 09:55 WIB
Susunan pemain inti Timnas U-16 Indonesia saat menghadapi Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 9 Agustus 2018. BOLASPORT.com/SUCI RAHAYUSusunan pemain inti Timnas U-16 Indonesia saat menghadapi Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 9 Agustus 2018.

SIDOARJO, KOMPAS.comTimnas U-16 Indonesia berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand, Sabtu (11/8/2018). Namun, perjalanan pasukan Fakhri Husaini masih akan berlanjut, yakni Piala AFC alias Piala Asia U-16 2018. 

David Maulana dan kawan-kawan bakal berlaga di Piala AFC U-16 yang berlangsung 20 September hingga 7 Oktober 2018 di Malaysia.

Pelatih Fakhri Husaini mengaku timnya sudah siap dengan tantangan yang lebih berat. Apalagi, di kejuaraan tingkat Asia Tenggara, timnas Indonesia mampu meraih hasil sempurna dengan catatan tujuh kali kemenangan.

"Kami optimistis bisa bersaing di Malaysia. Pemain punya mental dan tidak akan terpengaruh dengan tekanan suporter (Malaysia)," ucap Fakhri Husaini seusai laga final Piala AFF U-16 2018.

Baca juga: Juarai Piala AFF U-16 2018, Indonesia Hindari Mimpi Buruk Adu Penalti 2013

Fakhri Husaini cuma punya waktu satu bulan untuk persiapan. Menurut pelatih asal Aceh itu, masih ada peluang bagi dirinya untuk melakukan perombakan tim.

"Perubahan pemain sangat mungkin ada. Namun, kami terkendala aturan yang mengharuskan memakai pemain yang terdaftar di kualifikasi," kata dia.

"Ada penambahan pemain baru boleh saja, asal kelahiran 2003. Terkait ini akan kami bicarakan dengan PSSI," tutur Fakhri.

Untuk saat ini, Fakhri belum memikirkan mengenai target dan peluang timnya di Piala Asia U-16. Dia belum bisa menjelaskan soal pemusatan latihan (TC) lanjutan. 

"Kami ingin istirahat dulu sampai Idul Adha, sambil menikmati kemenangan ini," ucap Fakhri.

"Soal TC lanjutan belum ada kepastian. Hanya, Sidoarjo adalah tempat yang nyaman bagi kami. Nanti menunggu kabar PSSI," tuturnya. 

Baca juga: Jadi Pahlawan, Kiper Ernando dan Mochammad Supriadi Awalnya Cuma Berstatus Tambahan di Timnas U-16 Indonesia

Untuk bisa tampil di Piala Dunia U-17, Timnas U-16 Indonesia setidaknya harus bisa menjadi semifinalis pada Piala Asia U-16 2018.

Kejuaraan tersebut berlangsung di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober 2018. Indonesia berada satu grup dengan Iran, Vietnam, dan India.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X