Kompas.com - 12/08/2018, 06:35 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini (kiri) memeluk pesepak bola Indonesia Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (kanan) dan David Maulana (tengah) usai pertandingan final Piala AFF U-16 melawan Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018). Timnas U-16 Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand lewat babak adu penalti dengan skor 4-3 ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini (kiri) memeluk pesepak bola Indonesia Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (kanan) dan David Maulana (tengah) usai pertandingan final Piala AFF U-16 melawan Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018). Timnas U-16 Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand lewat babak adu penalti dengan skor 4-3

SIDOARJO, KOMPAS.com — Untuk kali pertama, Timnas U-16 Indonesia berhasil meraih juara di ajang Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Timnas U-16 Thailand 4-3 lewat adu penalti di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini bangga dengan perjuangan para pemainnya. Menurut dia, 23 pemain yang dibawa ke turnamen Asia Tenggara itu memiliki kontribusi besar dengan capaian tim pada Piala AFF U-16 2018.

Secara khusus, Fakhri Husaini memuji kiper Ernando Ari Sutaryadi. Nando, begitu sang kiper biasa dipanggil, menjadi pahlawan kemenangan Timnas U-16 Indonesia pada laga final. 

”Mengenai kegemilangan Nando, itu memang tugas kiper. Dia melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, mentalnya sudah sangat siap, tekniknya juga cukup bagus,” ucap Fakhri usai pertandingan.

Baca juga: Jadi Pahlawan, Kiper Ernando dan Mochammad Supriadi Awalnya Cuma Berstatus Tambahan di Timnas U-16 Indonesia

Menurut Fakhri, keberhasilan Timnas U-16 pada babak adu penalti tak lepas dari latihan yang selama ini dilakukan. 

Sempat unggul lebih dulu lewat Fajar Faturachman pada menit ke-32, Indonesia kebobolan oleh gol Apidet Janngam (71'). Skor 1-1 bertahan hingga laga berlanjut ke babak adu penalti.

Pada babak adi penalti, mental tanding anak muda Indonesia ini patut dipuji. Empat algojo Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand.

”Keberhasilan ini adalah hasil dari latihan. Bukan hanya soal Nando, tetapi juga eksekutor-eksekutor tadi, semua berbuah gol,” kata dia.

”Tinggal Brylian (Aldama) yang jadi penendang terakhir tidak mengeksekusi (penalti) karena dua penendang mereka (Thailand) gagal. Kami pun sudah (memastikan) juara,” tutur Fakhri.

Baca juga: Via Vallen Jadi Sorotan Saat Dukung Timnas Indonesia di Final Piala AFF U-16 2018

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.