Aji Santoso Harap Timnas U-23 Indonesia Bisa Lebih Baik di Asian Games - Kompas.com

Aji Santoso Harap Timnas U-23 Indonesia Bisa Lebih Baik di Asian Games

Kompas.com - 11/08/2018, 10:25 WIB
Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso (kiri) dan Ahmad Birrul Walidain, jelang pertandingan lawan PSM Makassar.KOMPAS.com / Hamzah Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso (kiri) dan Ahmad Birrul Walidain, jelang pertandingan lawan PSM Makassar.

LAMONGAN, KOMPAS.com – Sebelum tercatat menangani Arema FC dan Persela Lamongan di kompetisi Liga 1, Aji Santoso sempat merasakan menjabat sebagai pelatih kepala timnas U-23 Indonesia yang bertanding pada ajang Asian Games 2014.

Ia pun optimistis skuad arahan Luis Milla kali ini bakal mampu meraih capaian lebih baik ketimbang anak didiknya waktu itu.

Saat itu, Aji berhasil mengantar timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan grup seusai mengalahkan Timor Leste dan Maladewa. Namun, langkah mereka terhenti pada babak 16 besar seusai kalah 1-4 dari Korea Utara.

"Pertama, dari segi kualitas, timnas sekarang memiliki materi pemain komplet, yang memiliki kualitas di atas rata-rata di setiap lini. Saya lihat persiapan juga bagus sehingga timnas yang main di Asian Games kali ini harus bisa lebih bagus dari kemarin, kemarin dengan saya saat main di Korea lolos dari grup," ujar Aji, Jumat (10/8/2018).

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Final Piala AFF U-16, Indonesia Vs Thailand

Pada ajang empat tahunan kali ini, timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan Palestina, Taiwan, Hongkong, dan Laos.

Luis Milla telah memilih 20 nama pemain yang memperkuat tim, di antaranya anak didik Aji Santoso di Persela, Saddil Ramdani, Alberto Goncalves (Sriwijaya FC), Stefano Lilipaly (Bali United), serta Andritany (Persija Jakarta).

Selain faktor pemain, Aji juga menilai beberapa faktor lain yang bakal membuat timnas Indonesia bisa berprestasi ketimbang saat dirinya melatih, yakni ditangani oleh pelatih bagus dalam sosok Luis Milla dan akan bermain di negeri sendiri (faktor tuan rumah).

"Tidak hanya itu, dengan main di Indonesia, materi pemain bagus, persiapan bagus, dan dilatih pelatih bagus sekaliber coach Luis Milla, mudah-mudahan capaian timnas bisa lebih bagus dan dapat melampaui capaian saat bersama saya," ucap dia.

Baca juga: Jadwal Timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018

Lebih khusus, Aji juga berpesan kepada Saddil Ramdani yang menjadi satu-satunya pemain Persela di timnas Indonesia pada Asian Games kali ini untuk bisa memberikan kemampuan terbaiknya saat dipercaya tampil oleh Luis Milla.

"Yang jelas, Saddil akan membawa nama bangsa pada umumnya, dan khususnya Persela. Mudah-mudahan, Saddil akan memberikan yang terbaik di pertandingan Asian Games nanti," tutur Aji.

Timnas Indonesia bakal mengawali kiprah mereka di cabor sepak bola Asian Games pada babak penyisihan grup dengan menghadapi Taiwan pada Minggu (12/8/2018).



Close Ads X