Kemarahan Rossi ke Yamaha Kian Memuncak soal Peranti Elektronik - Kompas.com

Kemarahan Rossi ke Yamaha Kian Memuncak soal Peranti Elektronik

Kompas.com - 10/08/2018, 06:24 WIB
Valentino Rossi, tiada kegembiraan selain meraih pole position di kandang sendiri, GP Italia, dengan desain helm spesial.
Yamaha MotoGP Valentino Rossi, tiada kegembiraan selain meraih pole position di kandang sendiri, GP Italia, dengan desain helm spesial.

KOMPAS.com — Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, kembali mendesak timnya untuk segera melakukan perbaikan peranti elektronik kepada motor M1 miliknya dan Maverick Vinales.

Sebenarnya, Yamaha sempat mengatakan akan melakukan perbaikan peranti elektronik saat MotoGP Ceko akhir pekan lalu. Namun, hingga balapan dan tes resmi berakhir, belum ada konfirmasi apakah perbaikan tersebut sudah dilakukan atau belum.

Rossi kemudian menganggap Yamaha tidak serius memberi para pembalapnya sebuah motor yang kompetitif.

Baca juga: Valentino Rossi: Anda Ingin Tahu Apa yang Sebenarnya Terjadi di Tim Honda Nanti?

"Yamaha sudah membuat sebuah kesalahan yang melibatkan spesifikasi peranti elektronik," kata Rossi yang dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

"Peranti elektronik dirancang untuk mengurangi kesenjangan antara laju motor pabrikan dengan motor satelit, jadi ada lebih banyak balapan yang kompetitif. Yamaha percaya ini," ujar Rossi menambahkan.

Lebih lanjut, Rossi juga mengaku tidak paham mengapa Yamaha gagal memaksimalkan peranti elektronik.

Baca juga: Soal Tes Akhir Tahun, Ducati Tak Akan Perlakukan Jorge Lorenzo seperti Yamaha

Padahal, para tim rival seperti Ducati dan Repsol Honda sudah mempu menggunakan fungsi peranti elektronik dengan baik.

"Tim lain sudah menemukan cara untuk membuat peranti elektronik berfungsi seperti dengan modifikasi peranti elektronik," tutur Rossi.

"Honda dan Ducati memiliki pendekatan (pemanfaatan peranti elektronik) yang lebih agresif, sementara Yamaha sedikit lebih tenang," ucap Rossi.

"Dalam hal ini kami harus mencoba (lebih agresif) dan mendorong mereka (para kru Yamaha) memaksimalkan peranti itu," ujar pebalap asal Italia ini.

Musim ini, Rossi dan Vinales belum pernah meraih kemenangan dari sembilan seri. Hasil ini menambah panjang daftar paceklik kemenangan Yamaha sejak MotoGP Belanda 2017 lalu.

Kini Rossi berada di urutan kedua klasemen sementara MotoGP 2018 dengan koleksi 132 poin. Dia tertinggal 49 angka dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Adapun Rossi dan para pebalap lain akan menghadapi seri ke-10 yakni MotoGP Austria yang akan digelar di Red Bull Ring pada 10-12 Agustus. (Bayu Nur Cahyo)


Komentar
Close Ads X