Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U-16, Indonesia ke Final Usai Kalahkan Malaysia

Kompas.com - 09/08/2018, 20:44 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

 

SIDOARJO, KOMPAS.com - Timnas U-16 Indonesia memastikan diri melaju ke final Piala AFF U-16 setelah mengalahkan timnas U-16 Malaysia 1-0 pada babak semifinal, Kamis (9/8/2018).

Bagus Kahfi menjadi bintang dalam laga di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Dia mencetak gol tunggal pada menit ke-70 lewat titik putih.

Dengan hasil ini, Indonesia akan berhadapan dengan timnas U-16 Thailand pada partai puncak yang berlangsung di Sidoardo, Sabtu (11/8).

Baca juga: Sektor Kanan Timnas U-16 Jadi Tumpuan Serangan

Thailand meraih tiket final setelah mengalahkan timnas U-16 Myanmar 1-0 beberapa jam sebelum laga ini.

Tampil di hadapan ribuan suporter, Indonesia langsung tampil menekan sejak awal laga. Pada menit ke-3, Indonesia mendapatkan peluang lewat bola mati tetapi bola tendangan keras Yudah Febrian sedikit melebar di sisi kiri gawang Malaysia.

Terus menerus menyerang, Indonesia baru bisa mendapatkan peluang emas pada menit ke-28. Peluang ini berawal dari kecerdikan David Maulana yang mampu mencuri bola dari penguasaan bek Malaysia.

Dalam kondisi tiga lawan satu pemain Malaysia, David Maulana justru memilih melakukan tembakan yang hanya melambung di atas mistar. Peluang ini pun gagal berbuah gol.

Baca juga: Semifinal Piala AFF U-16, Pemain Malaysia Perang Mulut

Indonesia kembali mendapat peluang emas pada menit ke-30. Supriadi yang mendapatkan umpan silang dari Fajar Rohman dari sisi kanan mampu melepaskan tembakan kaki kanan.

Namun bola tendangan Supriadi hanya membentur tiang kanan gawang Malaysia. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tetap berjalan cepat. Pelatih Indonesia, Fakhri Husaini, memasukkan Sutan Diego Armando Zico untuk menambah daya gedor.

Serangan Indonesia tidak banyak berubah di mana selalu mengandalkan dua sisi sayap. Alhasil setiap serangan Indonesia selalu berakhir dengan umpan silang yang tidak membahayakan gawang Malaysia.

Baca juga: Lolos ke Final Piala AFF U-16 2018, Bendera Thailand Berkibar di Tengah Kerumunan Suporter Indonesia

Seisi Stadion Gelora Delta bergemuruh saat wasit memberikan Indonesia penalti pada menit ke-69. Penalti ini didapat setelah akselerasi Supriadi dihentikan oleh kiper Malaysia, Abdul Alim.

Bagus Kahfi yang menjadi algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Bola tendangannya ke sisi kiri gawang Malaysia tak mampu dijangkau kiper yang sudah bisa menembak arah si kulit bulat. Skor menjadi 1-0.

Usai gol ini, Malaysia yang sepanjang pertandingan bermain bertahan, keluar menyerang. Ini meninggalkan lubang di lini belakangnya, tetapi gagal dimanfaatkan secara maksimal.

Indonesia kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-73. Menerima umpan terobosan David Maulana, Bagus Kahfi berhasil masuk ke kotak penalti. Sayang, Bagus Kahfi gagal melewati kiper Abdul Alim sehingga bola mengarah keluar lapangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com