Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2018, 11:48 WIB
Hamzah Arfah,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Pelatih timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, mengaku sudah mengantongi pola permainan tim Malaysia yang bakal dihadapi anak didiknya pada babak semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) besok.

Bahkan, Fakhri sempat terlihat menyaksikan langsung laga Malaysia kontra Laos yang digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8/2018).

Dalam laga tersebut, Malaysia keluar sebagai pemenang dan sekaligus memastikan raihan tiket ke babak empat besar seusai menang tipis 1-0.

"Mereka (Malaysia) secara tim bermain cukup solid, kompak, dan mereka juga cukup bertenaga," ujar Fakhri, selepas pertandingan Malaysia kontra Laos.

Baca juga: Pelatih Malaysia Ungkap Strategi Rahasia untuk Lawan Timnas U-16 Indonesia

Terlebih lagi, sebelum menyaksikan Malaysia bertanding lawan Laos, Indonesia, dikatakan Fakhri, sudah sempat menjajal kekuatan Malaysia.

Kedua tim bertemu dalam sebuah pertandingan uji coba yang dilaksanakan di Petaling Jaya, Malaysia, pada 6 Juli 2018 lalu.

"Kami sudah melihat gambaran tim Malaysia, hampir sama dengan saat main di laga uji coba di Malaysia kemarin. Kami kalah 4-3 dari mereka, cara main mereka juga tidak berubah. Ini tentu bisa memotivasi anak-anak untuk bermain lebih semangat, lebih baik lagi, dan lebih kompak (saat jumpa di semifinal besok)," ucap dia.

Dengan apa yang sudah dikantongi, Fakhri bertitip pesan kepada para penggawa Garuda Muda untuk bisa fokus dalam menatap pertandingan menghadapi Malaysia, tanpa harus terpecah konsentrasinya dengan hal-hal nonteknis di luar pertandingan.

Baca juga: Jadwal Semifinal Timnas U-16 Indonesia Melawan Malaysia di Piala AFF U-16 2018

"Penting bagi saya untuk mengatakan kepada para pemain menghadapi laga nanti adalah tugas mereka adalah bermain sepak bola. Tidak perlu memikirkan hal-hal lain di luar sepak bola. Buat saya, pertandingan itu akan menarik jika kedua tim fokus pada pertandingan sepak bola itu sendiri," kata dia.

Fakhri menyadari langkah anak didiknya untuk bisa memenangi laga tidak akan mudah, mengingat begitu besarnya ekspektasi masyarakat Indonesia untuk bisa melihat timnas menang atas Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com