Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U-16, Trigol Bagus Kahfi Bantu Indonesia Benamkan Kamboja

Kompas.com - 06/08/2018, 20:47 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

SIDOARJO, KOMPAS.com - Timnas U-16 Indonesia mengalahkan timnas U-16 Kamboja 4-0 pada laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-16, Senin (6/8/2018).

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo ini, gol Indonesia dicetak oleh Rendy Juliansyah pada menit ke-11 dan hat-trick Bagus Kahfi (21', 33', 43').

Tambahan tiga gol membuat Bagus Kahfi semakin kokoh di puncak daftar top scorer sementara Piala AFF U-16 2018 dengan koleksi 11 gol.

Dengan hasil ini maka Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara Grup A dengan koleksi poin sempurna, 15. Indonesia ditemani Myanmar yang berada di urutan kedua klasemen dengan koleksi 10 poin.

Pada semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan runner-up Grup B. Pasukan Fakhri Husaini menunggu hasil Laos versus Malaysia di Stadion Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8/2018).

Sementara itu lawan Myanmar di semifinal adalah Thailand yang menjadi juara Grup B.

Baca juga: Bagus Kahfi Pecahkan Rekor Top Scorer Piala AFF U-16 Lebih Dini

Selama babak pertama, Indonesia memang tampil sangat dominan. Mengandalkan Bagus Kahfi di lini depan, anak-anak muda Indonesia ini terlihat sangat menikmati pertandingan.

Indonesia langsung unggul cepat pada menit ke-11 lewat Rendy Juliansyah yang memanfaatkan bola muntah. Tidak lama berselang, Bagus Kahfi menunjukkan kualitasnya saat mencetak gol pada menit ke-21.

Bagus Kahfi mengelabui dua pemain Kamboja sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang sebenarnya mengarah tepat ke kiper Kong Pheaktra.

Bagus Kahfi benar-benar tampil brilian pada laga ini dengan mencetak gol keduanya pada menit ke-33.

Menerima umpan Hamsa Lestaluhu, dia dengan tenang melewati satu pemain Kamboja dan menempatkan bola ke sisi kanan gawang Kamboja.

Skor 3-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Turut Rasakan Duka Cita, Pita Hitam Bakal Melingkar di Lengan Timnas U-16 Indonesia

Pada babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan kendati sudah unggul jauh.

Pada menit ke-43 Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Bagus Kahfi dijatuhkan di kotak 16. Bagus Kahfi yang maju menjadi algojo menjalanakan tugasnya dengan baik untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Setelah gol ini, pelatih Fakhri Husaeni menarik Bagus Kahfi dan memasukkan Sutan Zico pada menit ke-51. Sutan Zico mendapat peluang emas pada menit ke-59 tetapi gagal berbuah gol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com