Manajer Timnas Basket Putri 3x3 Optimistis Masuk Empat Besar

Kompas.com - 02/08/2018, 18:30 WIB
Sejumlah maskot dan logo Asian Games 2018  menghiasi Terminal 3 Bandara SOekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/07/2018). PT Angkasa Pura AP (II) selaku pengelola bandara menyatakan siap memfasilitasi kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 dengan menyiapkan sarana dan prasarana di tiga bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Husein Sastranegara Bandung.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Sejumlah maskot dan logo Asian Games 2018 menghiasi Terminal 3 Bandara SOekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/07/2018). PT Angkasa Pura AP (II) selaku pengelola bandara menyatakan siap memfasilitasi kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 dengan menyiapkan sarana dan prasarana di tiga bandara yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Husein Sastranegara Bandung.

KOMPAS.com - Manajer tim nasional basket 3x3, Maulana Fareza Tamrella, mengatakan bahwa tim basket putri memiliki peluang untuk masuk empat besar dan dapat meraih perunggu Asian Games 2018.

"Target realistis kami adalah masuk empat besar," kata Maulana seperti dikutip dari Harian Kompas (26/7/2018).

Tim basket putri Indonesia menempati peringkat ke-4 di Asia. Hal itu menjadi peluang besar untuk masuk ke empat besar hingga paling tidak mendapatkan perunggu.

Baca Juga: Harapan Luis Milla untuk Timnas U-23 Indonesia Jelang Asian Games 2018

Upaya atlet basket nasional untuk mendapatkan gelar juara adalah dengan mengikuti berbagai uji coba di turnamen tingkat internasional. Pelatih tim putri basket 3x3, Wahyu Widayat Jati, mengatakan bahwa tim basket putri jauh lebih siap dan diharapkan dapat meraih medali.

"Saya juga ingin agar tim putri fokus dengan hasil terbaik untuk meraih medali. Karena kami tidak hanya datang untuk pulang tetapi datang untuk main dan menang," kata Wahyu.

Sebanyak 20 dari 45 negara yang mengikuti Asian Games 2018 telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pertandingan basket 3x3 yang pertama kali akan diadakan pada Asian Games.

Ini karena terdapat pembatasan usia pemain dalam basket 3x3 yang berusia maksimal 23 tahun, sehingga tak banyak negara yang ikut serta dalam basket 3x3 ini.

Basket 3x3 merupakan cabang olahraga baru yang akan dilaksanakan pertama kali di Asian Games 2018. Olahraga yang terdiri dari tiga pemain ini hanya menggunakan setengah lapangan basket untuk bermain.

Selain itu, waktu pertandingan basket 3x3 hanya berlangsung tiga babak yang terdiri dari babak penyisihan, semifinal dan final.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X