PSSI Ajak Suporter Indonesia Hormati Tim Peserta Piala AFF U-16

Kompas.com - 02/08/2018, 17:45 WIB
Skuat timnas U-16 Malaysia dalam uji coba melawan timnas U-16 Indonesia pada 23 Juli 2018.
FAMSkuat timnas U-16 Malaysia dalam uji coba melawan timnas U-16 Indonesia pada 23 Juli 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, memohon kepada suporter Indonesia yang ada di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, untuk tidak kembali melakukan hinaan terhadap timnas U-16 Malaysia.

Tisha meminta kepada suporter Indonesia untuk tetap bersikap dengan kepala dingin.

"Untuk penonton Indonesia di Gresik, silakan masuk dan menonton dengan baik serta bersikap respek kepada siapa pun itu. Bersikap dingin dan jangan mementingkan ego," kata Tisha kepada wartawan, termasuk BolaSport.com.

Tisha menambahkan, PSSI tidak berhak untuk melarang suporter masuk ke stadion ketika timnas U-16 Malaysia bertanding.

Baca juga: Pernyataan Resmi AFF Terkait Hinaan kepada Timnas U-16 Malaysia

Wanita lulusan FIFA Master itu juga mengatakan, Indonesia dan Malaysia merupakan negara tetangga serumpun.

Tisha mengerti Indonesia dan Malaysia sarat rivalitas, tetapi ia menegaskan sikap saling hormat harus dijunjung tinggi dalam sebuah persaingan.

"Komunikasi kami dengan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sangat baik dan kami tidak akan melarang penonton yang ingin masuk ke dalam stadion karena kami dan Malaysia merupakan negara serumpun," kata Tisha.

Sebelumnya, pada pertandingan pertama babak penyisihan Grup B, timnas U-16 Malaysia mendapatkan hinaan dari suporter Indonesia saat menghadapi timnas U-16 Thailand di Stadion Gelora Joko Samudro, Minggu (30/7/2018).

Ada beberapa suporter Indonesia yang rela datang untuk menyaksikan pertandingan tersebut dari tribune VVIP.

Baca Juga: Persija Batal Datangkan Mantan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2014

Tentu saja hadirnya suporter Indonesia tak lepas dari rasa kecewa yang ditunjukkan salah satu pemain timnas U-16 Malaysia, Amirulash.

Sebelum Piala AFF U-16 dimulai, pemain timnas U-16 Malaysia itu memasang bendera Indonesia secara terbalik di akun Instagram Story-nya.

Pemain yang bersangkutan pun juga sudah meminta maaf atas kesalahannya tersebut.

Hinaan dari suporter Indonesia juga membuat Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meminta timnas U-16 Malaysia untuk undur diri dari ajang tersebut. (Mochamad Hary Prasetya)



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X