PSSI Ajak Suporter untuk Menghormati Tim Peserta Piala AFF

Kompas.com - 31/07/2018, 18:27 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, berbicara kepada media pada acara Press Conference AFF Award di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017. YAN DAULAKA/BOLASPORT.COMSekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, berbicara kepada media pada acara Press Conference AFF Award di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017.
|

KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) mengajak suporter Indonesia untuk ikut membantu menjaga ketertiban dengan menghormati semua tim peserta Piala AFF U-16.

Rivalitas tim kerap mewarnai penyelenggaraan turnamen sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Persaingan ini tak terkecuali, bahkan untuk level turnamen usia muda sekalipun seperti Piala AFF U-16 yang berlangsung di dua kota di Jawa Timur.

Rivalitas tetap harus ada karena justru dengan rivalitas inilah kualitas tim dan kompetisi terbentuk. Namun, sekeras apa pun kompetisi, roh dan nilai-nilai olahraga harus tetap dijaga dan dihormati.

"Saat PSSI ditunjuk AFF sebagai tuan rumah, kita punya kewajiban menjalankan turnamen sesuai standar yang berlaku, termasuk di dalamnya keamanan dan kenyamanan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/7/2018).

Baca juga: Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Pemain Timnas Malaysia Minta Maaf

"Maka dari itu, meski tensi rivalitas sangat tinggi, PSSI mengajak suporter Indonesia untuk ikut membantu menjaga ketertiban dengan menghormati semua tim peserta," ucapnya.

PSSI, lanjut Tisha, juga memahami dinamika dan kondisi tim lainnya.

Karena itu, PSSI juga menghargai Federasi Sepak Bola Malaysia yang telah menyampaikan permohonan maaf terkait tindakan pemain Malaysia yang memasang terbalik bendera Indonesia di akun pribadinya pada jejaring media sosial dan sempat membuat geram masyarakat Indonesia.

"Mari sama-sama kita menjaga marwah olahraga dengan menjunjung sportivitas, respek, dan fairplay. Kami ingin masalah ini tidak berkepanjangan dan suporter Indonesia tidak perlu terpancing dengan hal ini," katanya.

Baca juga: Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Timnas U-16 Malaysia Minta Maaf

Tisha menambahkan, PSSI bersama pihak terkait akan berupaya menjalankan turnamen dengan sebaik-baiknya.

"Kami ingin memastikan semua pertandingan berjalan dengan aman dan lancar. Kami juga ingin menyaksikan bakat-bakat pemain muda yang beraksi di lapangan. Karena itu, kami mohon dukungan dari suporter untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban," tutur Tisha.

Turnamen Piala AFF U-16 dimulai tanggal 29 Juli 2018 dan akan berakhir tanggal 11 Agustus mendatang. Turnamen ini diikuti 11 tim yang terbagi dalam dua grup.

Grup A bermain di Stadion Delta Sidoarjo. Selain tuan rumah Indonesia, di grup ini juga terdapat Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Adapun penyisihan Grup B dilaksanakan di Stadion Joko Samudro, Gresik. Grup B diisi Thailand, Malaysia, Laos, Brunei, dan Singapura.

Babak semifinal dan final rencananya akan dimainkan di Gelora Delta Sidoarjo.



Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X