Pembukaan Stadion Baru, Spurs Akan Kenang Kerusuhan 2011

Kompas.com - 30/07/2018, 18:32 WIB
Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli (kanan), merayakan golnya bersama Harry Kane dalam laga Liga Inggris kontra Watford di Stadion Wembley, London pada 30 April 2018.
AFP/GLYN KIRKGelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli (kanan), merayakan golnya bersama Harry Kane dalam laga Liga Inggris kontra Watford di Stadion Wembley, London pada 30 April 2018.

KOMPAS.com - Upacara pembukaan kandang baru Tottenham Hotspur akan mengenang tragedi kerusuhan Inggris 2011 yang ikut andil atas dibangunnya stadion tersebut.

"Kalian akan melihatnya nanti (di upacara pembukaan). Sebuah persembahan bagi area Tottenham dan kerusuhan (yang terjadi). Kami ingin menggambarkan 'awal yang baru bagi semuanya'," ungkap Donna Cullen, Direktur Eksekutif Tottenham Hotspur.

Kerusuhan yang terjadi pada Agustus 2011 tersebut diawali oleh protes masyarakat atas penembakan yang berujung terbunuhnya warga lokal, Mark Duggan, oleh petugas kepolisian setempat.

Baca Juga: Punya Stadion Baru, Tottenham Bisa Jual Harry Kane

Kerusuhan yang terjadi di Tottenham pun dengan cepat menyebar ke seluruh area ibukota London dan area lainnya di Inggris.

Buntut kerusuhan tersebut, Tottenham Hotspurs sempat mempertimbangkan untuk pindah kandang ke Olympic Stadium, London timur. Namun Spurs akhirnya memutuskan untuk menetap di area Tottenham.

"Ketika kerusuhan terjadi, saya dan Daniel Levy (chairman Spurs) berbincang melalui telepon dan kami sepakat, 'baiklah, kita menetap di Tottenham'. Hal baik selalu datang dari sesuatu yang buruk," ucap Cullen.

Menurut Cullen, kerusuhan yang terjadi membuat perhatian dan dukungan infrastruktur dari pemerintah di area Tottenham menjadi meningkat.

"Dahulu, tidak ada yang mau investasi di area yang tidak memiliki dukungan infrastruktur dan transportasi dari pemerintah. Namun setelah kerusuhan terjadi, semua orang kembali dan itu (membangun stadion) menjadi sesuatu yang mungkin kami lakukan. Kami memang ingin bertahan di Tottenham," ucapnya.

Upacara pembukaan dijadwalkan dilaksanakan sebelum stadion menggelar pertandingan pertama Premier League mereka melawan Liverpool pada 15 September mendatang.

Sampai saat ini, Spurs belum menjalin kerja sama mengenai hak penamaan stadion. Untuk sementara, stadion akan dinamakan Tottenham Hotspur Stadium.

Stadion yang berkapasitas 62.000 penonton ini dibangun di atas tanah markas lama mereka, White Hart Lane, yang diratakan pada 2017 lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X