Kompas.com - 27/07/2018, 19:21 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Persiapan Timnas U-16 Indonesia sudah matang untuk berlaga pada Piala AFF U-26 2018. Mereka siap menghadapi Filipina pada partai pembuka babak penyisihan Grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (29/7/2018).

Hal itu diungkapkan Pelatih Timnas Indonesia, Fakhri Husaini, seusai memimpin latihan tim di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (27/7/2018). Menurut Fakhri, anak asuhnya sudah tidak sabar untuk memulai turnamen tersebut, terutama menatap laga perdana lawan Filipina.

"Dari segi fisik, teknik, dan mental, para pemain sudah siap. Mereka sudah sangat antusias menunggu pertandingan Minggu besok," tutur Fakhri.

Baca juga: Federasi Sepak Bola Malaysia Tak Ingin Hubungan dengan Indonesia Buruk

Timnas Indonesia U-16, menurut Fakhri, punya catatan cukup bagus ketika bertemu Filipina. Dari dua pertemuan terakhir pada turnamen Jenesys dan uji coba di Sleman, David Maulana dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan.

"Pada usia 16 tahun, perbedaan antar-negara tak begitu mencolok. Artinya, tidak ada satu negara pun mendominasi. Kami menang dengan susah payah juga,” ucap Fahri.

Namun, dua pertemuan itu sedikit banyak bisa memberikan gambaran bagaimana kekuatan Filipina. Salah satunya untuk mengantisipasi apa saja yang perlu dilakukan untuk meredam kekuatan tim tamu.

”Bola-bola atas (Filipina) cukup berbahaya. Mereka memanfaatkan postur pemainnya yang tinggi, strength-nya juga bagus,” ucap juru taktik asal Aceh itu.

Baca juga: Kalahkan Persebaya, Persib Bandung Bukukan 5 Catatan Manis

Timnas U-16 Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.