Kemenpar: Obor Asian Games 2018 Bagian dari Promosi Wisata

Kompas.com - 24/07/2018, 17:44 WIB
Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti (kanan) menerima obor Asian Games 2018 dari peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, MC Mary Kom (India) di India, Minggu (15/7/2018).
DOK. INASGOCPeraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti (kanan) menerima obor Asian Games 2018 dari peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, MC Mary Kom (India) di India, Minggu (15/7/2018).

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, kirab Obor Asian Games 2018 dan rangkaian kegiatan ajang empat tahunan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta-Palembang, dapat dijadikan sebagai bagian promosi objek wisata Indonesia.

"Dengan ajang Asian Games di Indonesia, kami dari Kementerian bisa gencar mempromosikan tempat-tempat wisata di Nusantara, termasuk Palembang dan Jakarta yang menjadi tempat penyelenggaraan perhelatan tingkat Asia itu," katanya di Denpasar, Selasa (24/7/2018).

Di tengah-tengah penyerahan Obor Asian Games dari Plt Bupati Gianyar, Ketut Rochineng, kepada dirinya, Arief Yahya menjelaskan tentang kebanggaannya karena menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Baca Juga: Cabang Sepak Bola Putra Asian Games 2018 Resmi Akan Diundi Ulang

"Semoga, para atlet Indonesia yang akan bertarung di kancah ini bisa menjadi juara dan kembali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Setelah melintasi kawasan Subak Sembung di Denpasar, obor Asian Games 2018 tersebut akan berkeliling ke lokasi wisata, seperti Monumen Bajra Sandhi di Renon, Denpasar, dan patung Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua. Sebelumnya obor menginap di Istana Tampaksiring.

Lalu, Menpar menyerahkan kepada Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra untuk diarak keliling kota. Kirab obor tersebut disaksikan ribuan pelajar dan masyarakat yang sangat antusias berjajar di sepanjang jalan yang dilewati Api Obor Asian Games 2018.

Baca Juga: Hadapi Persebaya, Mario Gomez Boyong Striker Andalan Timnas U-19 Angkatan Evan Dimas

Para pelajar tersebut membawa bendera merah putih serta serentak menyerukan "Asian Games... Asian Games..." sehingga menambah semarak perjalanan api Obor Asian Games yang akan mengeliling 50 kota di Indonesia tersebut.

Api obor Asian Games 2018 dibawa di dalam lentera kedap udara dari New Delhi, India, tempat pelaksanaan Asian Games pertama pada 1951. Penjemputan api dari India tersebut dilakukan oleh juara dunia bulu tangkis sekaligus brand ambassador Asian Games 2018, Susy Susanti.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X