Kompas.com - 20/07/2018, 05:02 WIB
Kiper timnas Brasil, Alisson Becker, meninggalkan Kazan pada 7 Juni 2018. AFP/BENJAMIN CREMELKiper timnas Brasil, Alisson Becker, meninggalkan Kazan pada 7 Juni 2018.

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Alisson Becker menjadi kiper termahal sepanjang sejarah setelah dibeli Liverpool dari AS Roma.

Transfer Alisson Becker ke Liverpool rampung pada Kamis (19/7/2018) malam atau Jumat dini hari WIB.

"Dari segi perjalanan hidup dan karier, bergabung dengan keluarga besar klub (Liverpool) ini adalah langkah besar," kata Alisson seperti dikutip dari situs web resmi klub.

Baca juga:  Ada Campur Tangan Firmino di Balik Transfer 2 Pemain ke Liverpool

Tidak disebutkan durasi kontrak dan nilai transfer Alisson dari AS Roma ke Liverpool.

Namun, sejumlah media menyebut kiper 25 tahun asal Brasil itu dijual seharga 66,8 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,225 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan jumlah tersebut, Alisson memecahkan rekor transfer kiper di Premier League - kasta teratas Liga Inggris - yang dipegang Ederson Moraes.

Musim lalu, Ederson dibeli Manchester City dari Benfica seharga 35 juta poundsterling. Adapun Alisson dijual dengan harga dua kali lipatnya.

Dengan harga setara 70 juta euro (sebagian media menyebutkan 75 juta euro), Alisson Becker akan menjadi kiper termahal di dunia.

Kiper kelahiran 2 Oktober 1992 itu mengalahkan rekor pembelian Gianluigi Buffon oleh Juventus seharga 53 juta euro pada 2001.

Status sebagai kiper termahal di dunia juga tak membuat Alisson Becker terganggu.

"Anda tak perlu ragu. Saya akan memberikan segalanya untuk klub ini," ucap Alisson.

Baca juga: Transfer Alisson Becker ke Liverpool Belum Rampung, AS Roma Sudah Ucapkan Salam Perpisahan

Kehadiran Alisson juga akan membuat persaingan di sektor kiper akan ketat. Sebelumnya, Liverpool sudah memiliki Loris Karius dan Simon Mignolet.

Salah satu dari Karius dan Mignolet bisa jadi akan hengkang. Mereka tentu tak mau menjadi kiper ketiga dan punya peluang kecil untuk dimainkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.