5 Pemain Bintang yang Mungkin Tidak Kita Temui pada Piala Dunia 2022

Kompas.com - 19/07/2018, 18:40 WIB
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah menceta hat-trick ke gawang Spanyol pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di  Stadion Fisht, Sochi, Jumat (15/6/2018).ADRIAN DENNIS/AFP Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah menceta hat-trick ke gawang Spanyol pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Sochi, Jumat (15/6/2018).

KOMPAS.com - Piala Dunia 2018 sudah berakhir pekan lalu saat Perancis menobatkan diri sebagai jawara. Momen tersebut bisa juga menandakan akhir perjalanan bagi beberapa pemain besar di panggung Piala Dunia.

Sepanjang turnamen tersebut, lahir beberapa bintanga muda yang mungkin menghiasi dua atau tiga edisi Piala Dunia pada masa mendatang. Ada nama Kylian Mbappe (Perancis) dan Jordan Pickford (Inggris).

Baca Juga: INFOGRAFIK: 10 Fakta Piala Dunia 2018

Sebaliknya, ada pula beberapa pemain bintang yang mungkin tidak kita temui lagi pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Siapa saja mereka?

1. Rafael Marquez (39 Tahun) - Meksiko

Kapten timnas Meksiko, Rafael Marquez.Dok. ca2015.com Kapten timnas Meksiko, Rafael Marquez.

Mantan pemain Barcelona ini merupakan satu dari beberapa pemain tua pada Piala Dunia 2018. Marquez hanya kalah senior dari kiper Mesir Essam El-Hadary yang berusia 45 tahun.

Kapten tim nasional Meksiko ini telah mewakili negaranya pada 5 Piala Dunia, pertama kali pada tahun 2002. Usai negaranya kalah dari Brasil dan tersingkir pada babak 16 besar, Marquez pun mengumumkan pensiun dari tim nasional.

2. Tim Cahill (38 Tahun) - Australia

Striker timnas Australia, Tim Cahill (2 dari kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Suriah dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Sydney, Australia, Selasa (10/10/2017).
WILLIAM WEST/AFP Striker timnas Australia, Tim Cahill (2 dari kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ke gawang Suriah dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Sydney, Australia, Selasa (10/10/2017).

Legenda hidup sepak bola Australia ini memang tidak banyak tampil pada Piala Dunia 2018. Dia hanya tampil 1 kali ketika masuk dari bangku cadangan pada pertandingan terakhir melawan Peru.

Setelah membela socceroos pada empat Piala Dunia secara berturut-turut sembari mencatat 107 caps untuk negaranya, kemarin Cahill mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari sepakbola internasional. 

3. Andres Iniesta (34 Tahun) - Spanyol

Elyess Skhiri menjegal langkah Andre Iniesta pada laga uji coba Tunisia vs Spanyol di Krasnodar, 9 Juni 2018. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Elyess Skhiri menjegal langkah Andre Iniesta pada laga uji coba Tunisia vs Spanyol di Krasnodar, 9 Juni 2018.

Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, Andres Iniesta memang telah mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari tim nasional usai turnamen itu. Kondisi fisik yang semakin menurun merupakan alasan mengapa ia memutuskan untuk pensiun.

Berakhirnya perjalanan Spanyol karena terhenti pada babak 16 besar ikut menandakan berakhirnya karier internasional Iniesta. Selama memperkuat La Furia Roja, Iniesta menyumbang 1 gelar Piala Dunia dan 2 gelar Piala Eropa.

4. Vincent Kompany (32 Tahun) - Belgia

Eden Hazard merayakan gol dengan rekannya, Vincent Kompany, saat Belgia melawan Siprus di babak kualifikasi Euro 2016 di stadion Neo GSP, Nicosia, 6 September 2015.
SAKIS SAVVIDES/AFP Eden Hazard merayakan gol dengan rekannya, Vincent Kompany, saat Belgia melawan Siprus di babak kualifikasi Euro 2016 di stadion Neo GSP, Nicosia, 6 September 2015.

Bagi beberapa pihak, masuknya Vincent Kompany ke skuad Piala Dunia 2018 adalah sebuah kejutan. Semakin menurunnya kekuatan fisik pemain Manchester City ini merupakan alasan utama.

Buktinya, Kompany hanya memainkan 41 pertandingan Premier League dalam 3 musim terakhir bersama Man City. Jika kita melihat tren beberapa tahun terakhir tersebut, rasanya sulit bagi Kompany mengamankan spot tim nasional untuk 4 tahun ke depan.

5. Cristiano Ronaldo (33 Tahun) - Portugal

Reaksi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, setelah timnya dikalahkan Uruguay dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018, 30 Juni 2018 di Fisht Stadium, Sochi.
KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP Reaksi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, setelah timnya dikalahkan Uruguay dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018, 30 Juni 2018 di Fisht Stadium, Sochi.

Peraih 5 piala Ballon d'Or ini akan berusia 38 tahun ketika Piala Dunia 2022 di Qatar. Angka 38 tahun bukan merupakan usia muda bagi hitungan manusia biasa, apalagi bagi pesepak bola.

Meskipun demikian, rasanya kita harus melihat situasi beberapa tahun ke depan untuk betul-betul memprediksi karier kapten tim nasional Portugal ini.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X