Kompas.com - 13/07/2018, 17:16 WIB
Pelatih Gareth Southgate mengucapkan selamat kepada Harry Kane seusai Inggris menang atas Kolombia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 3 Juli 2018. AFP/FRANCISCO LEONGPelatih Gareth Southgate mengucapkan selamat kepada Harry Kane seusai Inggris menang atas Kolombia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 3 Juli 2018.

KOMPAS.com - Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate, meminta pasukannya meniru semangat tim nasional Jerman pada Piala Dunia 2006 jelang laga perebutan tempat ketiga versus Belgia, Sabtu (14/7/2018).

Inggris dan Belgia akan bertemu pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg. Harry Kane dkk harus rela melakoni laga tersebut karena gagal ke final akibat kalah 1-2 dari Kroasia pada babak semifinal, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Namun, Southgate berharap para pemainnya tetap menganggap serius pertandingan melawan Belgia, meski bukan terjadi pada babak final. Dia meminta The Three Lions meniru Jerman saat mengalahkan Portugal pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2006.

"Saya ingat tim Jerman 2006 dan menurut saya situasi Inggris saat ini mirip dengan mereka," kata Southgate, dilansir BolaSport.com dari Sky Sports.

(Baca Juga: Cristiano Ronaldo Mungkin Lewatkan Duel Juventus Vs Real Madrid di Pramusim)

Jerman yang ketika itu menjadi tuan rumah kalah 0-2 dari Italia pada babak semifinal. Sama seperti Inggris, kekalahan Der Panzer terjadi pada babak perpanjangan waktu.

Dalam perebutan tempat ketiga, Philipp Lahm dkk menang 3-1 atas Portugal. Mereka mendapat sambutan meriah dari publik Jerman pada penyambutan di Brandenburger Tor, Berlin, Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jerman era 2006 kembali punya hubungan positif dengan para suporter dan menunjukkan progres nyata hingga terus lolos ke fase gugur turnamen selanjutnya. Jerman memang baru juara 8 tahun kemudian, tetapi Inggris ingin seperti Jerman masa itu," tutur Southgate, dilansir BolaSport.com dari Sky.

Southgate menilai tim yang dia bawa ke Rusia sudah menunjukkan perkembangan.

"Kami meminta para pemain berlatih dengan banyak metode baru dan mereka menyambut baik perubahan-perubahan itu. Mereka membuat banyak gebrakan sepanjang turnamen, menembus batasan, dan membuat sejarah," ucapnya melanjutkan.

Pelatih berusia 47 tersebut bangga, terutama karena mayoritas pemainnya masih berusia muda.

"Banyak pemain Inggris yang bermain di Piala Dunia bermodalkan 4 atau 5 catatan penampilan. Inggris punya banyak pondasi untuk membangun masa depan dan kami akan memastikan hal itu terjadi," ujar Southgate. (Lariza Oky Adisty)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X