Pesan yang Terkandung dalam Pawai Obor Asian Games 2018 - Kompas.com

Pesan yang Terkandung dalam Pawai Obor Asian Games 2018

Kompas.com - 13/07/2018, 06:00 WIB
Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir menjawab pertanyaan dari para awak media seusai acara pembukaan pendaftaraan volunteer dan peluncuran seragam volunteer Asian Games 2018 di Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).
INASGOC Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir menjawab pertanyaan dari para awak media seusai acara pembukaan pendaftaraan volunteer dan peluncuran seragam volunteer Asian Games 2018 di Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir mengungkapkan pesan yang terkandung dari pelaksanaan pawai obor Asian Games 2018.

"Pesannya adalah agar Asian Games 2018 bergema di seluruh wilayah Indonesia. Jangan hanya masyarakat di Palembang atau Jakarta saja," kata Erick Thohir dalam konferensi pers yang dihadiri BolaSport.com.

"Kami tentu ingin kota-kota lain di Tanah Air juga merasa menjadi bagian dari kemeriahan Asian Games 2018. Sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo supaya Asian Games menjadi event Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Atlet Legendaris Indonesia Jadi Prioritas Pembawa Obor Asian Games 2018

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla akan membuka pawai obor Asian Games pada 18 Juli 2018 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Sebelumnya, Erick Thohir akan berangkat ke India pada 14-16 Juli untuk mengambil api Asian Games yang menjadi tuan rumah pertama.

Api tersebut akan dibawa ke Grobogan, Jawa Tengah, untuk digabung dengan api abadi yang berada di Mrapen.

Pembawa obor Asian Games 2018 terdiri dari atlet-atlet legendaris, artis-artis Indonesia, hingga tokoh masyarakat daerah dan pusat.

Pawai obor Asian Games 2018 akan menempuh jarak sekitar 500 kilometer dan akan melewati kota-kota bersejarah dan pariwisata di Indonesia.

Baca juga: Semangat Energy Asia Digelorakan Duta Samsung pada Kirab Obor Asian Games 2018

Dari Yogyakarta, obor tersebut akan dibawa ke arah timur Indonesia melewati Banyuwangi, Bali, hingga ke Lombok.

Kemudian diterbangkan ke Raja Ampat, Sorong sebelum kembali dibawa ke arah barat melewati kota-kota seperti Selayar, Makassar, juga melewati sejumlah kota di Kalimantan.

Setelah itu, juga melewati Aceh, Pekanbaru, Padang, Jambi, dan sampai ke Palembang.

Di Palembang, obor Asian Games akan bertahan selama tiga hari sebelum dibawa ke Jakarta dan mengakhiri perjalanan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Wisnu Nova Wistowo)



Close Ads X