Kompas.com - 08/07/2018, 04:59 WIB
Gelandang Rusia, Alexander Samedov, mendapatkan kawalan dari bek Kroasia, Domagoj Vida, pada pertandingan babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, 7 Juli 208. AFP/NELSON ALMEIDAGelandang Rusia, Alexander Samedov, mendapatkan kawalan dari bek Kroasia, Domagoj Vida, pada pertandingan babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Olimpiade Fisht, 7 Juli 208.

SOCHI, KOMPAS.comTimnas Kroasia menang atas timnas Rusia pada babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2018 melalui adu penalti di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Kroasia menang 4-3 melalui adu penalti. Fedor Smolov dan Mario Fernandes menjadi penendang Rusia yang gagal mengeksekusi penalti. Sedangkan di Kroasia, cuma Mateo Kovacic yang gagal mengeksekusi penalti.

Sebelumnya, laga ini berakhir imbang 2-2 sepanjang 120 menit.

Baca Juga: Kazan Arena, Kuburan bagi Tiga Mantan Juara Piala Dunia

Gol Rusia dicetak  Denis Cheryshev pada menit ke-31 dan Mario Fernandes (115'). Sementara dua gol Kroasia dicetak Andrej Kramaric (39') dan Domagoj Vida (101').

Kroasia menjadi tim kedua yang lolos ke babak selanjutnya melalui adu penalti untuk kedua kalinya setelah Argentia pada 1990.

Selain itu, pemain Kroasia, Andrej Kramaric, menjadi pemain ketujuh yang berhasil mencetak gol untuk timnya pada Piala Dunia kali ini.

Baca juga: Misterius, Kiper Inggris Bisa Tepis Penalti Kolombia karena Botol Minuman

Adapun Rusia gagal meneruskan tren positif tuan rumah sejak 1990. Sejak Italia 1990, tim tuan rumah yang bisa menembus perempat final biasanya melaju hingga ke semifinal.

Berikut 5 fakta menarik Rusia melawan Kroasia:

1 - Luka Modric menjadi pemain pertama Kroasia yang melepas lebih 100 operan pada Piala Dunia 2018.

2 - Kroasia menjadi tim kedua yang lolos dalam dua laga beruntun fase gugur lewat adu penalti di Piala Dunia setelah Argentina pada 1990 (vs Yugoslavia dan Italia).

8 - Gol yang dicetak oleh Denis Cheryshev tadi merupakan gol kedelapan Rusia dari 10 tembakan ke arah gawang terakhir pada Piala Dunia kali ini.

115 - Gol yang dicetak Mario Fernandes pada menit ke-115 adalah gol paling larut Rusia sepanjang sejarah Piala Dunia.

1.197 - Untuk pertama kalinya dalam 1.197 hari (21 pertandingan), Mario Mand┼żukic membuat asis dalam laga kompetitif untuk Kroasia, terakhir ia lakukan saat melawan Norwegia pada Maret 2015.



Sumber OptaJoe
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X