Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Lolos sebagai Juara Grup, Portugal "Ragu" Lawan Uruguay

Kompas.com - 26/06/2018, 08:18 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber FIFA

KOMPAS.com - Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, mengaku kecewa gagal lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B dan harus berhadapan dengan Uruguay nantinya.

Pada laga terakhir fase grup, Portugal harus puas ditahan imbang 1-1 oleh Iran. Hasil ini begitu menyakitkan untuk Portugal karena gol penyama kedudukan Iran tercipta pada masa injury time babak kedua.

Tidak hanya itu, kegagalan Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti pada menit ke-53 juga sedikit banyak berpengaruh pada hasil pertandingan.

Atas hasil ini, Portugal yang finis sebagai runner-up Grup B akan berhadapan dengan Uruguay yang menjadi pemuncak klasemen Grup A.

Baca Juga: 3 Skenario Kelolosan Jerman ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Seusai laga melawan Iran, Fernando Santos memberi pernyataan yang secara tersirat lebih memilih berhadapan dengan Rusia daripada Uruguay di babak 16 besar.

"Situasi ini sangat berbeda (calon lawan). Rusia punya dukungan dari publiknya sendiri dan mereka cukup bagus sejauh ini. Di sisi lain, Uruguay memiliki kualtias terbaik karena berisi pemain top. Mereka sangat sempurna," kata Fernando Santos dikutip dari situs resmi FIFA, Selasa (26/6/2018).

Meskipun begitu, Santos tetap percaya kepada kualitas yang Portugal saat ini miliki.

"Portugal memiliki senjatanya sendiri. Kami akan mencoba untuk menang," ujar Santos.

"Hal terpenting yang harus kami pikirkan adalah melakukan persiapan serius secara mental dan fisik untuk laga nanti (16 besar)," tuturnya.

Baca juga: Mohamed Salah Pertimbangkan Pensiun dari Timnas Mesir usai Terlibat Masalah Politik

Hal senada diungkapkan pemain sayap Portugal, Ricardo Quaresma. Menurut dia, laga melawan Uruguay dipastikan akan berjalan sangat intens.

"Kami tahu bagaimana sulitnya harus berhadapan dengan Uruguay. Mereka tim besar yang berisi banyak pemain bintang. Yang paling penting kami harus segera istirahat untuk bersiap menghadapi Uruguay," kata Quaresma dikutip dari situs resmi FIFA, Selasa (26/6/2018).

Laga Portugal lawan Uruguay akan berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, pada Sabtu (30/6/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FIFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com