Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2018, 21:04 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

MOSKWA, KOMPAS.com - Belgia menang 5-2 atas Tunisia pada pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Sabtu (23/6/2018).

Romelu Lukaku dan Eden Hazard menjadi bintang kemenangan timnas Belgia. Mereka masing-masing mengemas dua gol ke gawang Tunisia. 

Satu gol Belgia lain dicetak oleh Michy Batshuayi. Adapun dua gol timnas Tunisia dikemas Dylan Bronn dan Wahbi Khazri. 

Dengan kemenangan ini, Belgia memiliki peluang sangat besar untuk bisa melanjutkan ke babak 16 besar. Mereka dipastikan lolos andai Panama tak menang atas Inggris, Minggu (24/6/2018). 

Sedangkan Tunisia dipastikan tersingkir di fase grup ini karena belum mendapatkan poin sama sekali, kecuali Panama membuat keajaiban dengan mengalahkan Inggris. Mereka kalah dua kali dari Inggris dan Belgia. 

Baca Juga: Memiliki Kans Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018 adalah Momentum Luar Biasa bagi Swedia

Belgia unggul dua gol melalui penalti Eden Hazard pada menit ke-6 dan sepakan Romelu Lukaku pada menit ke-16. Penalti yang didapat Belgia itu merupakan penalti ke-13 sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2018.

Hanya berselang 109 detik dari gol Lukaku, Tunisia menipiskan keadaan. Bek Dylan Bronn melepas tendangan yang tak bisa diantisipasi Thibaut Courtois sehingga mengubah skor menjadi 2-1.

Pada masa tambahan babak pertama, Romelu Lukaku kembali mencetak gol. Belgia menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1.

Sepanjang babak pertama, Belgia memang lebih mendominasi dari segi penciptaan peluang. Mereka punya 10 kesempatan mencetak gol dengan enam tembakan di antaranya tepat sasaran.

Tunisia, meski dari segi penguasaan bola kalah tipis (44 persen), hanya punya dua tembakan tepat sasaran dari lima peluang yang diciptakan pada babak pertama.

Pada babak kedua, Belgia kembali menambah keunggulan melalui Hazard (51') yang berhasil menang dalam posisi satu lawan satu saat berhadapan dengan kiper Farouk Ben Mustapha.

Pemain pengganti Belgia, Michy Batshuayi, yang berkali-kali mendapatkan peluang emas akhirnya berhasil mencetak gol pada akhir-akhir laga dengan memanfaatkan umpan Toby Alderweireld.

Satu menit berselang, Tunisia berhasil cetak gol hiburan melalui Wahbi Khazri. Pertandingan ini berakhir dengan skor 5-2 untuk keunggulan Belgia atas Tunisia.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa


Belgia 5 - 2 Tunisia (Eden Hazard 6'-penalti, 51', Romelu Lukaku 16', 45+4', Michy Batshuayi 90'; Dylan Bronn 18', Wahbi Khazri 90+3')

Belgia (3-5-2): 1-Thibaut Courtois; 2-Toby Alderweireld, 20-Dedryck Boyata, 5-Jan Vertonghen; 15-Thomas Meunier, 7-Kevin De Bruyne, 6-Axel Witsel, 11-Yannick Carrasco; 14-Dries Mertens (17-Youri Tielemans 86'), 10-Eden Hazard (21-Michy Batshuayi 68'), 9-Romelu Lukaku (8-Marouane Fellaini 59').

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com