Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah

Kompas.com - 19/06/2018, 21:03 WIB
Yuya Osako dan Yuto Nagatomo merayakan gol Jepang ke gawang Kolombia pada pertandingan Grup H Piala Dunia 2018 di Saransk, 19 Juni 2018. AFP/JACK GUEZYuya Osako dan Yuto Nagatomo merayakan gol Jepang ke gawang Kolombia pada pertandingan Grup H Piala Dunia 2018 di Saransk, 19 Juni 2018.

SARANSK, KOMPAS.com - Jepang meraih kemenangan 2-1 atas Kolombia pada laga penyisihan Grup H Piala Dunia di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018).

Alhasil, tim berjulukan Samurai Biru ini menorehkan sejarah. Jepang menjadi tim pertama dari Asia yang mampu mengalahkan tim asal Amerika Selatan dalam putaran final Piala Dunia.

Laga ini diwarnai kartu merah untuk gelandang Kolombia, Carlos Sanchez. Dia harus mengakhiri laga lebih cepat karena diusir pada menit ke-3.

Sanchez dengan senjaga menahan bola tendangan Shinji Kagawa yang diarahkan ke gawang yang tak terkawal karena kiper David Ospina dalam posisi yang tidak ideal.

Kagawa yang menjadi eksekutor membawa Jepang unggul pada menit ke-6. Kolombia sempat menyamakan skor melalui tendangan bebas Juan Quintero pada menit ke-38, sebelum Yuya Osako memastikan Jepang menang pada menit ke-72.

Dengan hasil ini, Jepang untuk sementara memimpin klasemen Grup H dengan raihan tiga poin dan Kolombia berada di posisi juru kunci.

Baca juga: VIK Selamat Datang Piala Dunia 2018, dari Fakta, Rekor, hingga Jadwal

 

Sejak peluit kick-off dibunyikan, kedua tim langsung bermain dengan tempo yang cukup cepat. Baru tiga menit laga berjalan, Kolombia harus bermain dengan 10 orang setelah Sanchez mendapatkan kartu merah dan wasit memberikan penalti.

Kagawa yang menjadi algojo berhasil menuntaskan tugasnya untuk membuat Jepang unggul 1-0 pada menit ke-6.

Pertandingan semakin menarik kala Kolombia berhasi menyamakan kedudukan pada menit ke-38. Quintero menciptakan gol indah lewat tendangan bebas mendatar yang melewati pagar pemain Jepang, yang justru melompat.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X