BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

Lopetegui Dipecat, Kesedihan Timnas Spanyol bagai di Ruang Pemakaman

Kompas.com - 15/06/2018, 15:15 WIB
Gelandang Spanyol, Andres Iniesta (tengah), dan rekan satu timnya berlatih di Stadion Fisht Olympic di Kota Sochi, Rusia, Kamis (14/6/2018), jelang laga Piala Dunia 2018 melawan Portugal di fase Grup B. AFP PHOTO/ODD ANDERSENGelandang Spanyol, Andres Iniesta (tengah), dan rekan satu timnya berlatih di Stadion Fisht Olympic di Kota Sochi, Rusia, Kamis (14/6/2018), jelang laga Piala Dunia 2018 melawan Portugal di fase Grup B.

MOSKWA, KOMPAS.com - Situasi tim nasional Spanyol berubah muram begitu pelatih Julen Lopetegui diganti secara mendadak dua hari silam.

Menurut kapten tim nasional Spanyol Sergio Ramos, suasana ruang ruang ganti diliputi kesedihan.

"Kami seperti berada di ruang pemakaman sebelum Piala Dunia 2018 dimulai," kata Ramos seperti dikutip BolaSport.com dari Marca.

"Lopetegui adalah bagian sejarah Liga Spanyol, tetapi kami harus segera membuka lembaran baru karena beberapa hari terakhir ini sangat tidak menyenangkan," ujar pemain Real Madrid tersebut.

Lopetegui dicopot oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada Kamis (13/6/2017) atau sehari sebelum pembukaan Piala Dunia 2018.

Pemecatan dilakukan setelah Lopetegui baru memberi tahu mengenai persetujuannya melatih Real Madrid lima menit sebelum pengumuman resmi.

RFEF merasa Lopetegui telah melanggar kode etik sehingga mereka terpaksa melepasnya.

Tiga jam setelah pemecatan Lopetegui, RFEF lalu menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih baru timnas Spanyol.

Ramos menilai Hierro merupakan sosok yang tepat untuk mengisi kekosongan di timnas Spanyol. Ia pun berharap timnas Spanyol arahan Hierro akan sebagus Lopetegui.

"Saya ingin menyelesaikan Piala Dunia 2018 dengan sebuah senyuman," ujar pemain yang juga menjadi kapten Real Madrid tersebut.

Di bawah tangan Lopetegui, timnas Spanyol tak terkalahkan dalam 20 laga dengan catatan 14 kemenangan dan enam hasil imbang.

Kini tim Matador tengah bersiap menghadapi timnas Portugal pada laga pertama Grup B Piala Dunia 2018, Jumat (15/6/2018) pukul 24.00 WIB. (Sri Mulyati)

 

 


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya