Megah, Ini 5 Stadion Terbesar pada Piala Dunia 2018 - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

Megah, Ini 5 Stadion Terbesar pada Piala Dunia 2018

Kompas.com - 14/06/2018, 18:52 WIB
Tampak luar Stadion Luzhniki, tempat pembukaan Piala Dunia 2018. Foto diambil pada 9 Juni 2018.BOLASPORT.com/FIRZIE IDRIS Tampak luar Stadion Luzhniki, tempat pembukaan Piala Dunia 2018. Foto diambil pada 9 Juni 2018.

KOMPAS.com – Sorak sorai penonton terdengar begitu meriah, ditambah dengan bunyi suara terompet dan drum semakin menambah semarak suasana. Sesekali, puluhan ribu penonton tersebut pun melakukan gerakan secara kompak menyerupai putaran ombak.

Kira-kira begitulah suasana yang biasa terjadi di dalam stadion kala tim sepak bola kesayangan sedang bertanding. Khususnya, pada perhelatan akbar seperti Piala Dunia.

Dalam penyelenggaran piala dunia, negara tuan rumah bertanggung jawab penuh atas perhelatan yang diadakan setiap empat tahun sekali ini. Bahkan, mereka tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana besar untuk merenovasi dan membangun stadion baru.

Hal ini juga dilakukan oleh Rusia sebagai negara penyelenggara Piala Dunia 2018.

Melansir dw.com, Senin (4/6/2018), Rusia telah mengeluarkan dana sebesar 200 - 500 juta rubel atau setara Rp 44 - 111 triliun untuk menyukseskan ajang terakbar sepak bola dunia ke-21 ini.

Hasilnya, saat ini Rusia berhasil menyelesaikan pembangunan 12 stadion yang siap memeriahkan 64 pertandingan.

Bahkan, lima stadion di antaranya tercatat sebagai stadion dengan kapasitas terbanyak seantero Rusia. Berikut Kompas.com berikan ulasan kelima stadion tersebut.

Stadion LuzhnikiSHUTTERSTOCK Stadion Luzhniki

1. Stadion Luzhniki

Stadion Luzhniki merupakan stadion terbesar di Rusia dengan kapasitas mencapai 80.000 penonton. Stadion yang terletak di Moskwa ini juga merupakan stadion utama tim nasional Rusia.

Stadion Luzhniki sendiri mulai dibangun pada 1955. Setahun setelahnya, tepatnya pada 31 Juli 1956, stadion ini resmi digunakan. Sejak saat itu, stadion ini telah menggelar beberapa pertandingan penting. Salah satunya menjadi saksi kemenangan Manchester United atas Chelsea pada laga final Liga Champions 2008.

Sepuluh tahun pun berselang. Tahun ini, Stadion Luzhniki kembali menjadi salah satu arena terpenting pada gelaran Piala Dunia 2018. Sebab, stadion tersebut akan menggelar total tujuh pertandingan. Dua di antaranya merupakan laga krusial, yakni laga pembuka antara timnas Rusia melawan Arab Saudi dan laga final.

Stadion Saint PetersburgSHUTTERSTOCK Stadion Saint Petersburg

2. Stadion Saint Petersburg

Dari kejauhan, mungkin tak banyak orang yang mengira kalau bangunan tersebut adalah sebuah stadion. Hal ini karena Stadion Saint Petersburg memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai pesawat luar angkasa atau UFO.

Melansir situs resmi FIFA, stadion ini memiliki tujuh lantai dengan tinggi mencapai 79 meter. Secara teknologi, Stadion Saint Petersburg menjadi salah satu arena paling modern di dunia.

Stadion ini memiliki atap yang dapat digeser sehingga bisa menggelar pertandingan di segala musim, termasuk musim dingin yang terbilang ekstrem sekalipun.

Pada gelaran Piala Dunia 2018, stadion yang berpredikat sebagai arena sepak bola terbesar kedua di Rusia dengan kapasitas 67.000 penonton ini akan menggelar tujuh pertandingan. Dua di antaranya merupakan laga penting, yakni pertandingan semi final dan perebutan juara ketiga.

Stadion FishtSHUTTERSTOCK Stadion Fisht

3. Stadion Fisht

Awalnya, stadion yang terletak di Kota Sochi ini dibangun khusus untuk gelaran Olimpiade Musim Dingin 2014. Kemudian, karena Rusia mendapatkan hak istimewa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, stadion berkapasitas 48.000 penonton ini pun direnovasi sesuai dengan regulasi FIFA.

Sebelum dinamai Stadion Fisht, arena ini mulanya bernama Mount Fisht. Nama tersebut merujuk kepada puncak Pegunungan Kaukasus yang membentang di selatan Rusia.

Fisht sendiri merupakan bahasa lokal Adygeyan yang berarti “Kepala Putih”. Hal tersebut ternyata menjadi inspirasi bentuk atap stadion berwarna putih yang menyerupai puncak gunung es.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Stadion Fisht akan menjadi tuan rumah pada empat laga. Salah satu dari keempat pertandingan tersebut merupakan duel panas antara timnas Portugal melawan Spanyol.

Volgograd ArenaSHUTTERSTOCK Volgograd Arena

4. Volgograd Arena

Terletak hampir 1.000 kilometer dari Kota Moskwa, terdapat sebuah stadion baru dengan desain yang futuristik. Stadion tersebut bernama Volgograd Arena yang berlokasi di Kota Volgograd.

Desain tersebut berupa fasad dengan bentuk kerucut terbalik. Selain itu, terdapat pula penahan angin dengan corak kembang api yang menyimbolkan semangat kota tersebut. Menurut laman resmi FIFA, stadion tersebut akan mampu menampung 48.000 penonton.

Pada gelaran Piala Dunia 2018, Volgograd Arena juga akan melangsungkan empat pertandingan fase grup. Di antaranya Tunisia vs Inggris (18/6), Nigeria vs Islandia (22/6), Saudi Arabia vs Mesir (25/6), dan Jepang vs Polandia (28/6).

Kazan ArenaSHUTTERSTOCK Kazan Arena

5. Kazan Arena

Stadion yang terletak di Kota Kazan ini merupakan salah satu stadion terbaru di Rusia. Melansir situs resmi FIFA, Kazan Arena mulai dibangun pada 2010. 

Desain Kazan Arena hampir sama seperti Stadion Emirates dan Stadion Wembley yang ada di London, Inggris. Namun, keunikan lain yang membedakan dari stadion berkapasitas 45.000 penonton ini adalah bentuknya yang menyerupai bunga teratai bila dilihat dari atas.

Selain itu, stadion ini juga memiliki layar luar terbesar di Eropa yang membentang sepanjang satu tribun. Melansir Goal.com, (28/5/2018), layar ini akan digunakan untuk menonton bersama bagi orang-orang yang tidak mendapatkan tiket masuk ke dalam stadion.

Itulah kelima stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Menonton sepak bola pasti akan lebih seru dilakukan bila dilakukan bersama-sama.

Penelitan di Amerika Serikat pada berita Kompas.com, Rabu (15/2/2018), menunjukkan, menonton pertandingan olahraga bersama akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih terbuka. Baik itu menonton bersama di dalam stadion, di luar stadion, maupun di layar kaca.

Oleh karena itu, tak perlu risau jika Anda tidak sempat datang langsung ke Rusia. Anda masih bisa menonton piala dunia bersama di berbagai tempat seperti kafe maupun hotel-hotel. Cari saja yang sudah memiliki fasilitas untuk menonton bersama.

Seperti saat ini Traveloka bekerja sama dengan berbagai hotel di seluruh Indonesia untuk para pencinta sepak bola menonton Piala Dunia 2018 bersama.

Lewat program “Layar Bola”, Anda bisa menginap di berbagai hotel dengan label “Layar Bola” dan merasakan kemeriahan piala dunia bersama teman dan keluarga.

Jadi, sejauh mana persiapan Anda untuk merasakan euforia piala dunia bersama?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar