Kompas.com - 14/06/2018, 04:34 WIB
Julen Lupetegui saat mendampingi timnas Spanyol berlaga. Dok. Twitter Julen LopeteguiJulen Lupetegui saat mendampingi timnas Spanyol berlaga.

KRASNODAR, KOMPAS.com - Julen Lopetegui resmi dipecat dari jabatannya menjadi Pelatih timnas Spanyol oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada Rabu (13/6/2018) walaupun memiliki catatan yang gemilang.

Selama dilatih oleh Lopetegui, timnas Spanyol sama sekali belum pernah kalah dari 20 laga yang dijalani. Selain itu, La Furia Roja berhasil mencetak 61 gol dan hanya kebobolan 13 gol.

Namun, di balik catatan gemilang tersebut, Lopetegui sudah melanggar kode etik yang dipegang teguh oleh Spanyol.

 

Sacked without defeat ????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bleacher Report Football (@brfootball) pada 13 Jun 2018 jam 4:28 PDT

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskow

Hal itu diutarakan oleh ketua RFEF, Luis Rubiales melalui akun twitter resmi RFEF.

"RFEF tidak bertoleransi terhadap hal-hal yang menyinggung nilai etik kami. Ini adalah situasi yang sulit dan menyakitkan," ucap Rubiales seperti dilansir BolaSport.com dari Twitter resmi RFEF.

"Kami sebenarnya ingin memenangi ini (Piala Dunia) bersama Julen. Namun (dengan pemecatan ini) kami masih belum tahu apa yang akan kami lakukan," tuturnya.

Kini pihak Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih anyar mereka.

Legenda timnas Spanyol ini tentu punya tugas untuk mampu melanjutkan tren apik timnas Spanyol bersama Julen Lopetegui pada Piala Dunia 2018. (Putra Rusdi Kurniawan)

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Grup B Piala Dunia 2018 Rusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.