Rusia Terapkan Peraturan Ketat Untuk Penonton Piala Dunia 2018

Kompas.com - 11/06/2018, 07:07 WIB
Tim BolaSport.com melakukan proses registrasi bagi pendatang di kantor Multifunctional Centers for Provision of State and Municipal Services lokal, di Moskwa, Rusia, Minggu (10/6/2018). BOLASPORT.com/FIRZIE IDRISTim BolaSport.com melakukan proses registrasi bagi pendatang di kantor Multifunctional Centers for Provision of State and Municipal Services lokal, di Moskwa, Rusia, Minggu (10/6/2018).

Laporan langsung wartawan BolaSport.com, Firzie Idris, dari Rusia. 

KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengeluarkan dekrit untuk mengatur para pendatang yang akan menyaksikan langsung Piala Dunia 2018.

Peraturan ini berisi kewajiban bagi semua pendatang yang akan ke Rusia, untuk melakukan registrasi identitas di kantor Kementrian Dalam Negeri atau di Kantor Multifunctional Centers for Provision of State and Municipal Services (semacam Departemen Sosial Pemerintah Rusia).

Peraturan yang berlaku sejak 25 Mei hingga 25 Juli ini tidak berlakuk bagi para peserta turnamen dan perwakilan FIFA, organisasi di bawahnya, dan juga para anggota konfederasi.

Baca juga: Kilas Balik Piala Dunia dari 1930 hingga 2014

Menurut informasi yang BolaSport.com dapatkan dari Russia Beyond, keputusan ini membatalkan semua aturan yang mengatur prosedur keimigrasian di Rusia sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip BolaSport.com dari Accounter.ru, semua host (hotel, hoster, atau pemilik apartemen yang disewakan) wajib mendaftarkan warga asing yang menginap di properti mereka.

Namun, selama proses itu, para pendatang harus ditemani seseorang yang fasih berbahasa Rusia.  Dengan begitu, pemilik tempat tinggal yang akan disewa mau tidak mau harus ikut menemani.

Tim Kompas Gramedia pun merasakan sendiri proses registrasi ini. Registrasi itu hanya memerlukan biaya 250 rubel atau sekitar Rp 56.000 untuk foto kopi halaman paspor.

Namun, ada beberapa yang memungut biaya tinggi. Salah satu rekan sejawat kami dari Tanah Air bahkan dikenakan biaya 5.000 rubel atau Rp 1,2 juta.

Informasi lebih lanjut mengenai penerapan peraturan keimigrasian Rusia bisa dilihat di sini.

AFP Jadwal Pertandingan Fase Grup Piala Dunia 2018

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.