Kompas.com - 04/06/2018, 06:38 WIB
Poster Lionel Messi Poster Lionel Messi


RAMALLAH, Kompas.com - Pimpinan asosiasi sepak bola Palestina meminta para penggemar sepak bola untuk membakar poster dan replika jersey striker Argentina, Lionel Messi, jika ia memperkuat tim tango menghadapi Israel di Jerusalem, pekan depan.

Juara dunia dua kali Argentina berencana melakukan pertandingan persahabatan menghadapi timnas Israel di Stadion Teddy Kolek, Jeruselam, pada Sabtu malam pekan ini, sebagai persiapan menjelang berlangsungnya Piala Dunia di Rusia.

Pihak Palestina menuduh pihak Israel memanfaatkan pertandingan persahabatan ini sebagai propaganda mengampanyekan Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Stadion Teddy Kolek terletak di bagian barat Jerusalem. Sementara pihak Palestina menginginkan bagian timur Jerusalem sebagai ibu kota negara mereka, termasuk wilayah jalur Gaza dan Tepi Barat yang kini dikuasai Israel.

Namun, status Jerusalem sendiri masih kontroversial. Pertandingan sendiri awalnya akan digelar di Haifa, namun pihak Israel memutuskan memindahkannya ke Jerusalem. Sejauh ini AS telah menempatkan kantor kedubesnya ke kota ini.

"Pemerintah Israel telah menjadikan pertandingan sepak bola biasa menjadi isu politik. Mengacu kepada media Argentina, pertandingan kedua negara ini menjadi bagian perayaan 70 tahun berdirinya negara Israel," kata Ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub.

Pada Minggu (03/06/2018), Rajoub mengampanyekan penolakan tampilnya timnas Argentina, terutama Messi,  kepada para penggemarnya di negara-negara Arab dan Islam di Asia dan Afrika. "Dia adalah simbol utama. Jadi kami mengimbau agar para penggemar membakar baju dan gambarnya serta menolaknya. Kami tetap berharap Messi tidak akan datang," kata Rajoub di Ramallah.

Rajoub memang sejak lama mengampanyekan sanksi dari FIFA dan IOC untuk Israel.  Hal ini dikaitkannya dengan penguasaan Israel atas wilayah Tepi Barat dan sulitnya para atlet Palestina untuk berlatih dengan alasan keamanan. Namun, permintaannya belum ditanggapi pihak FIFA dan IOC.

Sejak Piala Dunia 1986, Argentina telah empat kali melakukan uji coba prapiala dunia di Israel. Di Rusia, Argentina bergabung di Grup D bersama Irlandia, Koasia, dan Nigeria.

Israel baru satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia, yaitu di Meksiko pada 1970.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.