Kompas.com - 03/06/2018, 14:31 WIB
Para pemain timnas Spanyol merayakan keberhasilan mencetak gol ke gawang Albania pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (6/10/2017). AFP/Jose JordanPara pemain timnas Spanyol merayakan keberhasilan mencetak gol ke gawang Albania pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (6/10/2017).

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, berharap kesuksesan klub-klub La Liga di Eropa menular pada Piala Dunia 2018.

Pada musim 2017-2018, dua kompetisi tertinggi antarklub Eropa dikuasai dua tim kota Madrid. Real Madrid menjadi juara Liga Champions sedangkan Atletico Madrid memenangi kompetisi kasta kedua, Liga Europa.

Tidak hanya itu, dalam lima musim terakhir, tim Spanyol mendominasi dua kompetisi elite Eropa itu. Lopetegui pun menganggap hal tersebut sebagai pertanda baik bagi timnas Spanyol.

"Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid telah memenangi trofi dan itu bagus karena mereka menjadi bahagia," ujar Lopetegui seperti dilansir BolaSport.com dari FourFourTwo.

"Sekarang giliran timnas Spanyol untuk bekerja. Kami harus membawa tim untuk meraih kemenangan dalam setiap laga," kata Lopetegui.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa

Kesuksesan Liga Spanyol turut memengaruhi keputusan Lopetegui dalam memilih skuad untuk Piala Dunia 2018. Dari 23 pemain, tercatat hanya ada 6 pemain yang bermain di klub luar Spanyol.

David de Gea (Manchester United), Pepe Reina (Napoli), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Nacho Monreal (Arsenal), Thiago Alcantara (Bayern Muenchen) dan David Silva (Manchester City) merupakan nama-nama yang merumput di luar Spanyol.

Lopetegui dituntut membawa timnas Spanyol kembali berprestasi setelah selalu gagal dalam dua turnamen besar terakhir. Pada Piala Dunia 2014, Spanyol tidak lolos fase grup dan pada Piala Eropa 2016 tersingkir pada babak 16 besar.

Pada Piala Dunia edisi kali ini, Spanyol berada di Grup B bersama Portugal, Maroko dan Iran. (Sri Mulyati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.