Neymar: Ayah Saya Bukan Penentu Keputusan dalam Karier Sepak Bola - Kompas.com

Neymar: Ayah Saya Bukan Penentu Keputusan dalam Karier Sepak Bola

Kompas.com - 01/06/2018, 15:14 WIB
Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar (kanan), tersenyum saat menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Liga Prancis 2017-2018 dari UNFP yang diberikan oleh seniornya, Ronaldo Luis da Lima, di Prancis pada Minggu (13/5/2018).AFP/ FRANCK FIFE Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar (kanan), tersenyum saat menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Liga Prancis 2017-2018 dari UNFP yang diberikan oleh seniornya, Ronaldo Luis da Lima, di Prancis pada Minggu (13/5/2018).

KOMPAS.com - Megabintang Brasil, Neymar Jr, menolak anggapan bahwa yang menentukan karier sepak bolanya selama ini adalah sang ayah, Neymar Sr.

Kabar ini memang menjadi isu lama saat proses transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) awal musim 2017-2018.

Saat proses transfer itu, sang ayah memang lebih banyak berbicara daripada Neymar sendiri di media.

Atas dasar ini, banyak yang beranggapan bahwa karier sepak bola Neymar lebih banyak diatur oleh sang ayah.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa

Mendengar hal ini, Neymar akhirnya mengonfirmasi bahwa kepindahannya ke PSG adalah murni keinginan dirinya.

"Ayah saya bukan pengambil keputusan dalam karier saya. Sayalah yang memutuskan setiap hal," ujar Neymar seperti dilansir BolaSport.com dari FourFourTwo.

Namun, hal tersebut bukan berarti Neymar Sr tak memiliki peran sama sekali dalam karier sang putra. Ia tetap berperan besar meski bukan dalam hal-hal yang memengaruhi keputusan sang anak.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2018, Neymar Masih Takut Berlatih

"Ayah saya adalah penasihat terbaik jika saya memintanya, tetapi sayalah yang mengambil keputusan akhir dalam karier," tutur Neymar.

"Dia mengurus hal-hal di luar lapangan sehingga saya bisa fokus pada pekerjaan ini," ujar pemain yang tengah bersiap membela tim nasional Brasil pada Piala Dunia 2018 itu.

Meski baru satu musim di Liga Perancis, kini banyak beredar kabar bahwa Neymar akan kembali ke Liga Spanyol untuk membela Real Madrid.

Bahkan, untuk melihat kemungkinan transfer ini, ayah Neymar dikabarkan sudah bertemu petinggi Real Madrid pada Maret 2018 lalu.

Neymar sendiri menyebut dirinya bahagia di Perancis bersama PSG saat menerima gelar pemain terbaik Liga Perancis pada bulan Mei 2018 lalu. (Sri Mulyati)


Komentar
Close Ads X