Kompas.com - 25/05/2018, 04:05 WIB
Skuad Piala Thomas Indonesia 2018.
BADMINTON INDONESIASkuad Piala Thomas Indonesia 2018.

KOMPAS.com — Indonesia menjaga asa meraih gelar Piala Thomas 2018 setelah lolos ke semifinal turnamen beregu putra nan bergengsi tersebut. Indonesia meraih tiket itu setelah menang 3-1 atas Malaysia pada laga perempat final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5/2018).

Dalam laga semifinal, Jumat (25/5), Indonesia akan bertemu China, yang sedang berupaya mengembalikan dominasi mereka setelah gagal juara dalam dua edisi terakhir. China lolos setelah menang 3-0 atas Taiwan.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Indonesia dan China setelah final Piala Thomas 2010. Kala itu, Indonesia kalah 0-3 sehingga "Negeri Tirai Bambu" tersebut meraih gelar kedelapan.

(Baca juga: Piala Uber 2018 - Ruselli Hartawan Kalah, Indonesia Tersingkir)

Laga semifinal Piala Thomas dimulai pukul 18.00 WIB. Selain duel Indonesia versus  China, partai lain mempertemukan Denmark selaku juara bertahan melawan Jepang. Denmark lolos setelah menang 3-0 atas Korea Selatan, sedangkan Jepang menyingkirkan tim kejutan, Perancis, dengan skor 3-1.

Hingga saat ini, Indonesia menjadi peraih gelar terbanyak Piala Thomas karena 13 kali menjadi juara, disusul China (9 gelar). Namun, kali terakhir Indonesia menggondol trofi tersebut pada tahun 2002 karena setelah itu, China menjadi pemenang disusul Jepang dan Denmark pada dua edisi terakhir.

Sementara itu, untuk Piala Uber, China yang berstatus juara bertahan tetap di jalur untuk kembali memenangkan trofi tersebut. Mereka lolos ke semifinal setelah menang 3-1 atas Denmark. China akan bertemu Thailand, yang menang 3-2 atas Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada partai lain, Jepang akan bertemu Korea Selatan. Jepang ke semifinal setelah menang 3-1 atas Taiwan pada laga perempat final, sedangkan Korea menyingkirkan Kanada dengan skor 3-1.

Untuk gelar Piala Uber, China sangat dominan karena mereka sudah meraihnya sebanyak 14 kali, termasuk tiga edisi terakhir. Di bawah China ada Jepang (5 gelar) serta Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing meraih 3 gelar.

Berdasarkan jadwal, semifinal Piala Uber akan dimulai pukul 12.00 WIB.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.