Piala Thomas 2018, China Jadi Favorit Juara - Kompas.com

Piala Thomas 2018, China Jadi Favorit Juara

Kompas.com - 15/05/2018, 14:04 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan, mengembalikan kok ke arah Shi Yuqi (China) pada laga perempat final Hong Kong Terbuka yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Jumat (24/11/2017).ISAAC LAWRENCE/AFP PHOTO Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan, mengembalikan kok ke arah Shi Yuqi (China) pada laga perempat final Hong Kong Terbuka yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Jumat (24/11/2017).

KOMPAS.com - Mantan pemain bulu tangkis Malaysia, Yap Kim Hock, memilih China sebagai favorit juara Piala Thomas 2018 yang akan digelar di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei mendatang. Dia juga memberikan peringatan kepada tim Malaysia.

Menurut Yap, akan lebih baik bagi Malaysia menghindari pertemuan dengan China pada babak awal eliminasi.

"China sedang mencari kebanggaan mereka setelah menelan kekalahan pada dua edisi terakhir. Mereka telah membentuk tim yang sangat kuat," kata Yap yang dilansir BolaSport.com dari The Star.

"Saya berharap keberuntungan akan berada di sisi Malaysia dan mereka tidak akan bertemu dengan China pada perempat final," tutur Yap lagi.

(Baca Juga:Ketakutan akan Kehilangan Dominasi, China Lakukan Hal Ini pada Piala Uber 2018 )

Yap menambahi bahwa China memiliki barisan pemain tunggal putra yang sangat bagus.

"China memiliki barisan tunggal putra yang mengesankan. Jika Chen Long entah bagaimana tidak bisa menyumbang poin pertama saat melawan Lee Chong Wei, maka tunggal putra ketiga akan dijadikan sebagai penentuan. Pada tunggal putra ketiga, China memiliki Lin Dan yang begitu hebat," tutur Yap.

"Dan pada tunggal putra kedua, Shi Yuqi adalah yang terkuat dibandingkan dengan pemain dari semua tim," kata dia melanjutkan.

Mantan pelatih kepala Malaysia ini bahkan lebih terkesan dengan lini ganda putra China. Skuad ganda putra China akan mengandalkan pasangan Liu Cheng/Zhang Nan, Li Junhui/Liu Yucheng dan Zheng Siwei/Wang Yilyu.

"Mereka dulu memiliki satu pasangan yang bagus, tetapi kali ini tiga pasangan ganda mereka sangat bagus," kata Yap.

"Dua pasangan teratas China sangat tangguh dan saya pikir Zhang Nan adalah yang paling berbakat dari semua. Lawan mereka harus lebih kuat agar mampu mengalahkan mereka," ujar Yap.

Tidak hanya Zhang Nan, Zheng Siwei dan Wang Yiltu juga dinilai Yap sebagai pemain muda yang sangat kuat.

"Siwei dan Yilyu adalah pemain yang terampil. Mereka dapat berpasangan dengan salah satu senior mereka dan mampu mengimbangi dengan baik," ujar Yap.

Pada ajang Piala Thomas 2018, Yap mengatakan bahwa China adalah musuh bersama tim-tim lain, bukan hanya Malaysia.

"Bukan hanya Malaysia, tetapi tim lain juga akan berjuang melawan China juga," tutur Yap. (Susi Lestari)



Close Ads X