Prihatin Kekerasan dalam Sepak Bola, Allianz Kembali Gelar AJFC 2018 - Kompas.com

Prihatin Kekerasan dalam Sepak Bola, Allianz Kembali Gelar AJFC 2018

Kompas.com - 15/05/2018, 13:48 WIB
Para peserta seleksi Allianz Junior Football Camp 2017 (AJFC) berfoto bersama tim pembina dari Bayern Muenchen.Dok. Allianz Para peserta seleksi Allianz Junior Football Camp 2017 (AJFC) berfoto bersama tim pembina dari Bayern Muenchen.

KOMPAS.com - Perusahaan asuransi, Allianz Indonesia, kembali menyelenggarakan Allianz Junior Football Camp (AJFC) 2018 yang pada tahun ini merupakan kali ketujuh dalam penyelenggaraannya.

Kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia dalam mendukung
perkembangan dan pengembangan diri remaja Indonesia.

Selain dari program inti AJFC yang berhubungan dengan pelatihan kemampuan fisik dan teknis sepak bola, dengan memberikan kesempatan bagi remaja untuk menerima pelatihan langsung dari tim pelatih FC Bayern Muenchen, Allianz juga menginginkan program AJFC memberikan dampak sosial lebih luas kepada masyarakat sepak bola di Indonesia.

Karena itu, dalam pelaksanaan AJFC 2018, Allianz Indonesia bersama dengan remaja peserta menyuarakan keprihatinan terhadap peristiwa-peristiwa kekerasan di dalam dan di luar lapangan (antarsuporter maupun antarpemain) yang masih kerap kali terjadi dengan mengangkat kembali nilai-nilai fair play dan sportivitas dalam sepak bola.

Baca juga: Allianz Junior Football Camp, 2 Remaja Indonesia Bertolak ke Muenchen

"Selama tujuh tahun pelaksanaannya, AJFC telah memberikan manfaat dan pengalaman berharga bagi remaja yang berhasil turut serta ke Eropa dan Asia, tetapi kami merasa program ini memiliki kemampuan berkontribusi lebih besar lagi untuk masyarakat sepak bola di Indonesia," kata Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Joos Louwerier, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (14/5/2018). 

"Kami berharap keprihatinan atas kekerasan dalam sepak bola yang secara jujur disuarakan oleh para remaja ini dapat menjadi perhatian bagi seluruh pihak, khususnya juga para orangtua untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai fair play dan sportivitas kepada anak-anaknya yang menggemari sepak bola," ujarnya. 

Sementara itu, Head of Market Management Allianz Indonesia, Karin Zulkarnaen, mengatakan, AJFC menyasar kepada aspek-aspek yang tak kalah penting untuk menjaga kelangsungan iklim sepak bola.

Mantan pesepak bola FC Bayern Muenchen, Giovane Elber (tengah) kembali membagikan pengalamannya saat masih aktif bermain sepak bola dalam Allianz Junior Football Camp di Jakarta, Sabtu (8/7/2017).WESHLEY HUTAGALUNG/JUARA.NET Mantan pesepak bola FC Bayern Muenchen, Giovane Elber (tengah) kembali membagikan pengalamannya saat masih aktif bermain sepak bola dalam Allianz Junior Football Camp di Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

"Berdasarkan pengalaman kami menyelenggarakan AJFC selama bertahun-tahun, 
program ini telah mencakup lebih luas berbagai aspek dari keseluruhan ekosistem
sepak bola selain dari bentuk kompetisi yang tentunya lebih familiar dan terdengar
di masyarakat," ujar Karin.

"AJFC menyasar kepada aspek-aspek yang tak kalah penting untuk menjaga
kelangsungan iklim sepak bola, yakni calon pemain, sekolah sepak bola, pelatih, dan kini suporter," ujarnya.

Terkait pendaftaran AJFC 2018, Allianz mengadakan audisi secara online dari tanggal 8 Mei sampai 9 Juni 2018 untuk menyaring remaja yang memenuhi kualifikasi dan selanjutnya akan mengikuti tahap tes fisik yang akan digelar di dua kota di Indonesia.

Baca juga: Pahlawan Sepak Bola dari Allianz Saksikan Bayern Vs Chelsea

Pada akhir rangkaian seleksi AJFC, peserta yang terpilih akan diberangkatkan ke Asia Camp di Thailand pada bulan Juli dan sebagian lainnya akan berangkat ke Muenchen Camp di Jerman.

Dimulai dari AJFC tahun 2017 dan berlanjut di tahun ini, Allianz Indonesia membuka kembali program "Pahlawan Sepak Bola" untuk memberikan apreasiasi terhadap figur-figur yang berjasa dalam mendukung perkembangan sepak bola (khususnya remaja), tetapi selama ini tidak terekspos secara publik.


Komentar

Close Ads X