Juventus Vs AC Milan, Buffon Bicara soal Peran Kiper Kedua - Kompas.com

Juventus Vs AC Milan, Buffon Bicara soal Peran Kiper Kedua

Kompas.com - 09/05/2018, 17:15 WIB
Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, memimpin rekan-rekannya saat merayakan kemenangan atas Sampdoria pada pertandingan Serie A di Stadion Allianz, Turin, Minggu (15/4/2018). AFP/MARCO BERTORELLO Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, memimpin rekan-rekannya saat merayakan kemenangan atas Sampdoria pada pertandingan Serie A di Stadion Allianz, Turin, Minggu (15/4/2018).

KOMPAS.com - Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, berharap pertandingan final Coppa Italia 2017-2018 bisa menjadi pembuktian bagi sosok yang bakal menjadi penggantinya di Bianconeri.

Buffon saat ini masih berstatus sebagai kiper utama Juventus atau sama seperti pertama kali dirinya bergabung dengan Bianconeri dari Parma pada 2001.

Sepanjang kariernya bersama Juventus, Buffon berhasil menyabet gelar juara Coppa Italia sebanyak tiga kali, yaitu 2014–2015, 2015–2016, dan 2016–2017.

Namun, Buffon tidak pernah sekali pun terlibat di partai final Coppa Italia untuk membantu Juventus meraih gelar juara.

Peran Buffon di bawah mistar gawang Juventus selalu digantikan oleh pelapisnya setiap kali tampil di partai final.

Baca juga: Daftar Skuad AC Milan untuk Hadapi Juventus di Final Coppa Italia, Si Jimat Telah Kembali

Hal ini disebabkan oleh keputusan pelatih yang lebih memilih untuk memberikan kesempatan bermain kepada Marco Storari (2015) dan Nolberto Neto (2016, 2017) yang merupakan pelapis Buffon.

Satu-satunya kesempatan Buffon tampil di final Coppa Italia terjadi pada 1999 saat dia masih menjadi pemain Parma mengalahkan Fiorentina dengan skor agregat 3-3 dan menjadi juara berkat keunggulan gol tandang.

"Jika saya tidak salah, final Coppa Italia terakhir yang saya mainkan terjadi pada 1999, jadi kurang lebih 20 tahun lalu. Kesempatan untuk bermain di pertandingan tersebut sebagai seorang protagonis sungguh luar biasa dan menarik," ucap Buffon seperti dikutip BolaSport.com dari Football Italia.

Jika pada laga final Coppa Italia 2018 menghadapi AC Milan yang bakal digelar di Stadion Olimpico Roma, Rabu (9/5/2018) atau Kamis dini hari WIB itu Buffon kembali tidak tampil, ia berharap sang kiper bisa membawa Juventus meraih gelar keempat secara beruntun.

"Saya pikir peran kiper kedua telah banyak berubah dalam enam atau tujuh tahun terakhir, setidaknya di klub-klub besar," kata Buffon.

"Mereka masih bisa mendapatkan 15 hingga 20 pertandingan per musim dan harus selalu dapat diandalkan," tuturnya.

Di dalam skuad Juventus, ada empat kiper pelapis, yaitu Wojciech Szczesny, Carlo Pinsoglio, Leonardo Loria, dan Mattia del Favero, yang siap menjadi suksesor Buffon di masa depan. (Verdi Hendrawan)


Komentar
Close Ads X