Piala AFC, Biaya yang Dihabiskan Jakmania untuk Datang ke Singapura

Kompas.com - 08/05/2018, 17:16 WIB
Seorang Jakmania, Tomy Suryo Bawono, yang memberikan dukungan secara langsung untuk Persija Jakarta di Singapura. FERRIL DENNYS/KOMPAS.comSeorang Jakmania, Tomy Suryo Bawono, yang memberikan dukungan secara langsung untuk Persija Jakarta di Singapura.

KOMPAS.com - Sekitar 100 Jakmania datang ke Singapura untuk menyaksikan pertandingan semifinal Zona ASEAN antara Home United dan Persija Jakarta di Syadion Jalan Besar, Selasa (8/5/2018) pukul 18.30 WIB.

Tentu saja para suporter harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyaksikan secara langsung aksi tim kesayangannya. Berapa biaya yang dikeluarkan oleh seorang suporter Persija untuk datang Singapura?

BolaSport.com coba mencari tahu kepada seorang suporter asal Bekasi, Tomy Suryo Bawono, saat ditemui di luar stadion.

Suporter berusia 30 tahun tersebut menceritakan, untuk tiket pesawat dirinya menghabiskan dana Rp 1.690.000.

"Tiket pergi harganya Rp 700.000, pulangnya Rp 890.000," kata Tomy.

Selain tiket pesawat, Tomy juga harus mengalokasikan uangnya untuk membeli tiket pertandingan seharga 8 dollar Singapura atau sekitar Rp 85.000.

Jakmania yang datang ke Singapura untuk memberikan dukungan secara langsung bagi Persija Jakarta saat melawan Home United, Selasa (8/5/2018).MEDIA PERSIJA Jakmania yang datang ke Singapura untuk memberikan dukungan secara langsung bagi Persija Jakarta saat melawan Home United, Selasa (8/5/2018).

"Nah untuk hotel 17 dollar Singapura (sekitar Rp 178.500). Jadi total untuk nginap Rp 535.500. Saya nginap sampai Kamis. Sekalian jalan-jalan," ujarnya.

Lebih lanjut, Tomy mematok pengeluaran selama mengikuti laga away di Singapura sebesar Rp 3,5 juta.

"Saya belajar dari pengalaman saat laga tandang melawan Tampines. Saat itu, saya menghabiskan dana Rp 5 juta. Karena sudah pengalaman, saya jadi tahu mana restoran yang murah untuk makan," ungkap Tomy yang mencintai Persija sejak 1998.

Tomy mengaku menggunakan gajinya untuk laga tandang Persija kali ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X