Kompas.com - 02/05/2018, 13:31 WIB
Jupp Heynckes berbicara kepada James Rodriguez di tepi lapangan saat Bayern Muenchen vs Real Madrid pada semifinal Liga Champions di Allilanz Arena, Rabu (25/4/2018). AFP/JAVIER SORIANOJupp Heynckes berbicara kepada James Rodriguez di tepi lapangan saat Bayern Muenchen vs Real Madrid pada semifinal Liga Champions di Allilanz Arena, Rabu (25/4/2018).

KOMPAS.com - Pelatih Bayern Muenchen, Jupp Heynckes, memuji performa penjaga gawang Real Madrid, Keylor Navas. Dia menyebut penjaga gawang berusia 31 tahun tersebut menjadi bintang lapangan sehingga Los Blancos berhasil melangkah ke final Liga Champions musim ini.

Bayern bermain imbang 2-2 saat melakoni leg kedua babak semifinal di Santiago Bernabeu, Selasa (1/5/2018) atau Rabu dini hari WIB. Hasil tersebut tak cukup bagi juara Bundesliga ini untuk melangkah ke final karena kalah 3-4 secara agregat akibat hasil buruk pekan lalu di Allianz Arena (Bayern kalah 1-2).

Dalam laga leg kedua ini, Bayern mendominasi permainan. Penguasaan bola yang mencapai 69 persen menjadi bukti Thomas Mueller dkk membuat Real Madrid lebih banyak berada di bawah tekanan.

(Baca Juga: Tersingkir, Gelandang Bayern Muenchen Samakan Cristiano Ronaldo dengan Najis)

Meskipun demikian, Bayern hanya bisa mencetak dua gol yang dihasilkan Joshua Kimmich pada menit ketiga serta lesakkan James Rodriguez pada menit ke-63. Penampilan gemilang Navas yang membuat Bayern tak bisa meraih kemenangan karena kiper internasional Kosta Rika itu membuat delapan penyelamatan.

"Real Madrid pantas berterima kasih kepada Keylor Navas karena dia tampil sangat spektakuler dan membuat sejumlah penyelamatan yang fantastis," ujar Heynckes usai laga.

"Jika anda melihat dua pertandingan (leg 1 dan 2), saya pikir kami merupakan tim yang lebih baik. Jadi, kami sangat kecewa tidak bisa mencapai final," tambah Heynckes, yang sudah memastikan diri pensiun pada akhir musim ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Kiri ke kanan) Bek Bayern Muenchen, Mats Hummels, penjaga gawang Real Madrid Keylor Navas, gelandang Bayern Javier Martinez dan bek Real Madrid Raphael Varane berebut bola dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (1/5/2018).Christof STACHE/AFP (Kiri ke kanan) Bek Bayern Muenchen, Mats Hummels, penjaga gawang Real Madrid Keylor Navas, gelandang Bayern Javier Martinez dan bek Real Madrid Raphael Varane berebut bola dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (1/5/2018).

Pelatih berusia 72 tahun ini pun memuji performa timnya meskipun langkah mereka terhenti. Dia mengaku bangga karena para pemain Bayern menunjukkan perjuangan yang luar biasa.

"Timku menunjukkan sikap yang hebat dan kami bangkit kembali. Ini pertandingan kelas dunia tetapi masalah cedera membuat kami terluka pada leg pertama dan kami kehilangan lima pemain. Saya masih percaya dengan semua pemainku dan saya tidak akan mencari alasan," ujarnya.

Kegagalan ini membuat Bayern gagal mewujud treble winners. Mereka hanya berpotensi meraih dua gelar karena setelah mengunci titel Bundesliga, Bayern akan melakoni partai final DFB Pokal alias Piala Liga Jerman melawan Eintracht Frankfurt pada 20 Mei.

Sedangkan bagi Real Madrid, ini menjadi final ketiga secara beruntun setelah dua edisi terdahulu berujung gelar juara. Pasukan Zinedine Zidane di ambang gelar ke-13 Liga Champions. Mereka akan bertemu Liverpool atau AS Roma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.