Kompas.com - 01/05/2018, 21:40 WIB
Kapten Barcelona, Andres Iniesta, memberikan keterangan pers soal masa depannya di Pusat Olahraga Joan Gamper, Jumat (27/4/2018). AFP/PAU BARRENAKapten Barcelona, Andres Iniesta, memberikan keterangan pers soal masa depannya di Pusat Olahraga Joan Gamper, Jumat (27/4/2018).

KOMPAS.com - Andres Iniesta akan meninggalkan tim yang sudah dibelanya sejak umur 12 tahun, Barcelona, pada akhir musim ini.

Iniesta juga sudah memastikan tidak akan bermain di tim Eropa untuk menghindari bertemu dengan Barcelona.

Bersama Barcelona, Iniesta sudah memenangi semua gelar yang bisa diraih di level klub. Namun, untuk pencapaian individu, prestasi terbaik Iniesta ketika membela Barcelona adalah meraih gelar pemain terbaik Eropa pada tahun 2012.

Melihat hal ini, legenda sepak bola Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima menyebut, Iniesta layak meraih gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or karena karier cemerlangnya.

"Dia pantas menerima Ballon d'Or. Dia akan mundur (dari Barcelona) sebagai pemain terbaik dalam sejarah Spanyol," ucap Ronaldo dikutip Bolasport.com dari AS.

Baca juga: 10 Fakta Andres Iniesta yang Mungkin Tak Anda Ketahui

Menurut pemain dengan tiga gelar Pemain Terbaik Dunia ini, Iniesta sudah menunjukkan bahwa dia punya kualitas terbaik sehingga gelar Ballon d'Or tidak terlalu penting untuk Iniesta.

"Saya tidak ingat melihat pemain Spanyol lain dengan begitu memiliki banyak kualitas, dengan begitu banyak atribut. Itulah mengapa banyak orang mencintainya. Saya rasa dia tidak membutuhkannya" ujar Ronaldo.

Iniesta sendiri pernah menjadi salah satu nomine peraih Ballon d'Or pada tahun 2010 dan 2012. Namun, Iniesta selalu kalah dari rekan satu timnya, Lionel Messi.

Melihat hal ini, France Football selaku pihak penyelenggara Ballon d'Or bahkan sampai meminta maaf karena Iniesta tidak pernah mengangkat piala bola emas tersebut.

Baca juga: 5 Calon Pewaris Nomor Punggung 8 Milik Andres Iniesta di Barcelona

"Dia adalah kreator permainan terbaik sepanjang masa," tulis Pascal Ferre dikutip Bolasport.com dalam editorial di edisi terbaru France Football.

"Sebagian besar orang yang seangkatan dengannya mempersulit hidup mereka, tetapi dia bersenang-senang selama sekitar 15 tahun, menyederhanakan segalanya, tanpa pikiran buruk, hanya untuk membuat permainan hidup," kata sang jurnalis menambahkan.

Bahkan, Pascal Ferre mengakui bahwa kegeniusan Andres Iniesta adalah alasan mengapa Lionel Messi dan Barcelona menjelma menjadi kekuatan besar.

"Bakat Iniesta adalah untuk menciptakan peluang bagi orang lain. Tanpa dia, Messi akan lebih cepat lelah di Barca," ucap Ferre.

"Sifatnya yang kerap memperhatikan orang lain telah menyingkirkannya dari pengakuan yang lebih besar, di antaranya gagal dalam penerima gelar Ballon D'Or, itu menyakitkan," kata pihak penyelenggara Ballon d'Or tersebut. (Kautsar Restu Yuda)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X