Arti Penting Andres Iniesta bagi Barcelona di Mata Pep Guardiola

Kompas.com - 28/04/2018, 09:35 WIB
Kapten Barcelona, Andres Iniesta, memberikan keterangan pers soal masa depannya di Pusat Olahraga Joan Gamper, Jumat (27/4/2018). AFP/PAU BARRENAKapten Barcelona, Andres Iniesta, memberikan keterangan pers soal masa depannya di Pusat Olahraga Joan Gamper, Jumat (27/4/2018).

 

MANCHESTER, KOMPAS.com - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, ikut angkat bicara perihal keputusan Andres Iniesta yang akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim ini.

Andres Iniesta memutuskan akan pergi dari Barcelona pada jumpa pers di markas latihan klub, Jumat (27/4/2018). Sejumlah pihak langsung meresponsnya, termasuk Pep Guardiola. 

Menurut Guardiola, Iniesta adalah bagian penting dalam sejarah Barcelona, terutama dalam kesuksesan tim tersebut pada era 2000-an.

"Saya bisa menghabiskan 3 menit untuk bicara soal arti kehadiran Iniesta di dunia sepak bola," ucap Guardiola kepada The Independent.

(Baca Juga: Mantan Pelatih Barcelona Minta Rp 3,8 Triliun untuk Rombak Seluruh Skuat Arsenal)

"Iniesta bagian sejarah Barcelona. Tim tersebut takkan bisa ada di level ini tanpanya," tutur pelatih Manchester City itu. 

 Sejak menjadi pemain utama pada musim 2004, Andres Iniesta telah membantu Barcelona meraih empat gelar Liga Champions. Dua di antaranya berkat arahan Pep Guardiola. 

Guardiola juga mengucapkan terima kasih kepada Iniesta karena telah membantu kesuksesan karier kepelatihannya. Guardiola pernah menjadi pelatih Iniesta selama empat musim pada 2008 hingga 2012.

"Saya ingin berterima kasih untuk Iniesta. Dia membantu saya memahami pertandingan secara lebih baik hanya dengan menontonnya bermain," kata Guardiola.

Andres Iniesta sendiri telah mengumumkan akan hengkang dari Barcelona pada akhir musim 2017-2018. Meski begitu, masa depan Iniesta hingga kini masih abu-abu.

Pemain berusia 33 tahun ini tidak menyatakan akan pensiun dan memilih melanjutkan karier di luar benua Eropa.

Iniesta tampil 670 kali di Barcelona sejak 2002 dengan catatan 51 gol dan 141 assist. (Lariza Oky Adisty)

 



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X